Selasa, 15 Maret 2011

Diperiksa Kasat Reskrim, Paket Bom KBR 68H Meledak

Jakarta (beritajatim.com) - Paket buku yang diduga merupakan rangkaian bom yang ditujukan kepada Seketariat Jaringan Islam Liberal (JIL), Selasa (15/3/2011) sore ini meledak saat ditangani oleh Polrestro Jakarta Timur. Buku tersebut ditujukan kepada Ulil Abshar Abdalla, Ketua Jaringan Islam Liberal (JIL).

Menurut Citra Dyah Prastuti, produser radio 68H, bom meledak saat diperiksa Kompol Dodi Rahmawan, Kasat Reskrim Polrestro Jakarta Timur. Saat itu tim Gegana yang ditugaskan untuk menjinakkan bom belum datang.

Ledakan tersebut mengakibatkan tiga orang, yakni satu polisi terluka parah dan dua pegawai KBR 68H terluka. Saat ini ketiga korban langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Korban yang mengalami luka parah, Kompol Dodi Rahmawan.

Kena Bom, Jari-jari Kasat Reskrim Putus

Jakarta (beritajatim.com) - Paket berisi bom yang meledak di Kantor Sekretariat Utan Kayu yang juga Kantor Berita Radio (KBR) 68H mengakibatkan tiga petugas polisi terluka. Salah satunya adalah Kasat Reskrim Jakarta Timur Komisaris Dody Rachmawan. Pergelangan tangannya dikabarkan putus.

Dua polisi yang berada di sebelah Komisaris Dody juga mengalami luka. Mereka langsung dibawa ke rumah sakit. Komisaris Iwan dan dua anggota polisi terluka karena membuka paket bom tersebut.

Paket berisi buku dengan judul Mereka Harus Dibunuh Karena Dosa-Dosa Mereka Terhadap Islam dan Kaum Muslimin. Paket diterima Sekretariat Utan Kayu yang beralamat di Jl Utan Kayu No 68 H, Jakarta Timur, 13120, dengan nomor telepon 081332220579 diamankan polisi.

Menurut juru bicara Komunitas Utan Kayu, Saiman, saat ditemui wartawan di lokasi, Selasa (15/3/2011), buku tersebut datang dalam sebuah paket pada pagi ini sekitar pukul 10.00 WIB dengan diantar seorang laki-laki. Sekitar pukul 14.00, ia mengalami kesulitan ketika mencoba membuka buku tersebut.

Buku yang datang dalam sebuah paket ditujukan untuk aktivis Jaringan Islam Liberal (JIL), Ulili Abshar Abdalla, itu kemudian diamankan di bagian belakang sekretariat. Petugas keamanan pun memeriksa buku itu dengan metal detector. "Ternyata bunyi. Diduga ada besinya. Saya curiga," katanya.

Pada amplop paket tersebut tertulis nama pengirim, yaitu Drs Sulaiman Azhar LC, dengan alamat Jl Bahagia Gg Panser No 29. Di dalam amplop tersebut juga ditemukan surat pengantar yang berisi permohonan bagi Ulil Abshar agar menulis pengantar di buku tersebut.

"Baru kebuka sedikit, lalu saya lihat di dalamnya ada kabel-kabel. Saya langsung curiga. Lalu buku tersebut kami amankan," ujarnya

Inilah Isi Surat Pengirim Bom di KBR 68H

Jakarta (beritajatim.com) - Paket berisi bom yang ditujukan kepada Ulil Abshar Abdalla, pendiri Jaringan Islam Libera (JIL) tiba sekitar pukul 10.00 WIB, dan dibuka staf Kantor Berita Radio 68H. Paket bersampul cokelat juga berisi buku dan selembar surat. [kun]

Berikut surat dalam bungkusan itu:

Kepada: Ulil Absar Abdhala

Perihal: Permohonan memberikan kata pengantar buku dan interview

Lampiran: 1 (satu) bundel buku

Bersama dengan ini saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Drs. Sulaiman Azhar, Lc

Alamat: Jl Bahagia Gg Panser No 29 Ciomas Bogor Telp 0813 3222 0579

Pekerjaan: Penulis

Sedang dalam proses penyelesaian penulisan buku yang urgensinya sangat erat dengan peran aktif bapak, dalam lembaga yang bapak pimpin. Penulis bermaksud mengajukan permohonan sudi kiranya memberikan kata pengantar dalam buku saya.

Judul buku: Mereka harus dibunuh karena dosa-dosa mereka terhadap Islam dan Kaum Muslimin

Tema: Deretan nama dan dosa-dosa tokoh Indonesia yang pantas dibunuh

Jumlah: 412 Halaman

Ulil Tak Tahu Motif Teror Bom Terhadap Dirinya

Jakarta--Ulil Abshar Abdalla belum berani menduga apa motif di balik pengiriman bom untuk dirinya. "Memang saya dikirimi paket bom dan meledak, saya sedang berada di luar kantor. Saya nggak tahu apa motifnya dan saya belum berani mau menduga-duga," ujar Ulil saat dihubungi wartawan, Selasa (15/3/2011).

Ulil tak mau berspekulasi apakah penyerangan itu ada kaitannya dengan sikap politik sebagai fungsionaris Partai Demokrat atau aktivitasnya di masa lalu sebagai Koordinator Jaringan Islam Liberal (JIL). "Saya mempercayakan sepenuhnya kepada polisi untuk menelusuri ada apa di balik itu dan apa motifnya," katanya.

"Saya menyampaikan bela sungkawa mendalam kepada personel Gegana yang melaksanakan tugasnya dengan baik, karena satu meninggal. Saya menyampaikan bela sungkawa dan apresiasi yang mendalam," katanya.

Sebuah bom meledak di kantor berita Radio 68H di Utan Kayu, Jakarta Timur, Selasa (15/3/2011). Bom tersebut berupa paket kiriman kepada aktivis Jaringan Islam Liberal (JIL) Ulil Abshar Abdalla.

Nomor HP Pengirim Bom Sudah Tidak Aktif

Surabaya (beritajatim.com) - Dalam isi surat pengirim bom di KBR 68H, terdapat alamat dan nomor handphone atas nama Drs. Sulaiman Azhar, Lc.

Dari alamat pengirim, ditulis berada di Jl Bahagia Gg Panser No 29 Ciomas Bogor. Sedangkan nomor pengirim, yakni 0813 3222 0579.

Namun, ketika beritajatim.com mencoba menghubungi nomor yang tercantum, nomor tersebut justru bernada tidak terpasang alias tidak aktif.

Profesional Muda NU Kutuk Aksi Pengeboman Utan Kayu

Jombang (beritajatim.com)-- Himpunan Profesional Muda Nahdlatul Ulama (HPMNU) mengecam keras aksi pengeboman yang terjadi di Kantor Berita Radio 68 H Utan Kayu Jakarta. Mereka meminta agar polisi segera menangkap dalangdi balik aksi teror tersebut.

Pernyataan itu dilontarkan Koordinator HPMNU, Ipung S Bahri. "Kami mengutuk keras aksi pengeboman tersebut. Oleh karena itu, kami mendesak kepada Kapolri agar bisa mengungkap dalang dibalik peristiwa itu," kata Ipung kepada beritajatim.com, Selasa (15/3/2011) petang.

Ia menjelaskan, aksi teror bom tersebut secara otomatis telah mengotori wajah demokrasi. Pasalnya, cara-cara kekerasan itu tidak layak lagi dikedepankan. Terkait adanya polisi yang terluka, HPMNU memberikan simpati dan empati secara khusus. "Kami memberikan empati kepada Kompol Dodi Rahmawan. Karena bom kiriman tersebut, dia harus kehilangan tangannya," ujarnya.

Ipung menduga, paket bom yang dikirim untuk Ulil Abshar Abdala, tokoh JIL (Jaringan Islam Liberal) tersebut tidak lepas dari aktivitas Ulil yang getol memperjuangkan kelompok-kelompok minoritas. Selain itu, juga aktivitas Ulil selama ini dalam kancah politik.

Nah, karena perjuangan tersebut, maka banyak kelompok yang tidak suka. "Bisa jadi mereka kemudian mengirim bom. Padahal, yang diperjuangkan Ulil adalah untuk Islam yang universal," kata Ipung tanpa menyebut siapa kelompok yang dimaksud.

HPMNU juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak mengedepankan cara-cara anarkis dalam menyelesaikan persoalan. "Sekali lagi kami mengutuk keras aksi pengeboman di Kantor Berita Radio 68 H Utan Kayu Jakarta," kata Ipung mengulang. [

Kapolda Metro: Kasatreskrim Salahi Prosedur Tangani Bom

Jakarta – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Sutarman mengakui tindakan Kastreskrim Polres Jakarta Timur Kompol Dodi Rahmawan menyalahi prosedur saat menangani bom yang dikirim ke kantor KBR68H. Akibatnya, bom tersebut meledak hingga membuat tangannya putus.

"Dia (Kompol Dodi) menelepon Gegana meminta petunjuk. Bom itu kemudian disiram air dan diperkirakan sudah jinak, ternyata malah meledak,” ujar Sutarman di lokasi kejadian Jl. Utan Kayu 68, Jakarta Timur, Selasa (15/3/2011).

Menurutnya, seharusnya Dodi menunggu tim Gegana. Namun, karena tim Gegana tidak juga datang, Dodi kemudian berupaya menjinakkan bom itu dengan bantuan rekannya yang berbicara di telepon. “ Seharusnya dia tunggu Gegana dulu," tegas Sutarman.

Paket Bom Juga Teror Gories Mere

Jakarta - Sebuah paket bom kembali ditemukan di lingkungan kantor Badan Narkotika Nasional, Cawang, Jakarta.

Paket bom langsung diledakkan oleh tim Gegana Polri di lokasi tersebut, Selasa (15/3) malam. Paket tersebut ditujukan untuk Kepala Badan Narkotika Nasional Gregorius Mere, atau yang sering dikenal sebagai Gories Mere.

Paket bom diledakkan sekitar pukul 21.00 WIB. Paket tersebut sama persis dengan yang dikirim untuk Ulil Abshar ke Kantor Berita Radio 68 H, Utan Kayu, Jakarta Timur.

Belum diketahui apa maksud dan tujuan pelaku teror bom, menjadikan Gedung BNN sebagai sasaran terornya. Hingga saat ini polisi masih terus menyisir lokasi sekitar dan mengumpulkan barang bukti lain untuk dibawa dibawa ke Pusat Laboratorium Forensik untuk guna keperluan penyelidikan.

Bom Meledak di Kantor Berita Radio 68H

Jakarta (beritajatim.com) - Bom dengan kekuatan cukup besar meledak di Komunitas Utan Kayu, Jakarta Timur, tepatnya di Kantor Berita Radio 68H. Ledakan bom itu melukai beberapa polisi yang sedang memeriksa. Salah seorang polisi bahkan tangannya putus.

Bom meledak pada pukul 16.05 saat belasan Polisi Sektor Matraman sedang mempelajari bentuk bom tersebut. Bom terdapat dalam sebuah paket kardus berisi buku-buku itu

Minggu, 13 Maret 2011

rekomendasi akibat buntu

Kejagung membentuk tim pemeriksa untuk mengusut keakuratan tudingan mantan Dirut Jamsostek kepada jaksa. Dua jaksa disinyalir terlibat.

Akhirnya, Komisi Yudisial (KY) mengeluarkan rekomendasinya atas kasus walkout tiga hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Republika,20 Mei 2006, melaporkan soal rekomendasi tersebut.

Rekomendasi sanksi itu disampaikan ke MA pada Jum’at (19/5). Seperti diketahui, tiga hakim ad hoc dari non karier sepakat melakukan walk-out pada persidangan kasus penyuapan dengan terdakwa Harini Wijoso. Walk-out ini dilakukan karena ketua majelis hakim yang berasal dari kalangan hakim karier menolak permintaan jaksa penuntut umum untuk menghadirkan Ketua MA Bagir Manan sebagai saksi.

Dari tujuh anggota KY menyimpulkan Ketua Majelis Hakim perkara penyuapan dengan terdakwa Harini Wijoso, Kresna Menon, telah melakukan tindakan yang sangat merugikan kepentingan peradilan pada umumnya. Kresna dinilai tidak memanfaatkan kesempatan untuk musyawarah dalam perbedaan pendapat yang terjadi di antara majelis hakim.

Hakim ad hoc dari kalangan non karir, I Made Hendra Kusuma, Ahmad Linoh, dan Dudu Duswara, menginginkan Ketua MA Bagir Manan dihadirkan sebagai saksi di persidangan. Namun, Ketua Majelis Kresna Menon dan anggota majelis Sutiono (keduanya dari hakim karir) menolaknya. Alasan penolakannya karena surat edaran MA (SEMA) nomor 2/1985. Dari pemeriksaan KY terungkap bahwa Kresna memang tidak mau melaksanakan musyawarah dengan tiga hakim lainnya.

Menurut KY, Kresna tidak mandiri atau tidak profesional dalam memimpin majelis sehingga kami nilai wajar untuk dikenakan rekomendasi sanksi pemberhentian sementara selama satu tahun.

Untuk Sutiono, KY menilai perilaku hakim itu tidak tegas dan tidak mandiri. Selama pemeriksaan di KY, prinsip nurani hakim tersebut sependapat dengan ketiga hakim ad hoc itu. Namun, pada kenyataannya, tindakan Sutiono tidak sejalan dengan nuraninya. Karena itu, hakim Sutiono juga direkomendasikan dijatuhkan sanksi teguran tertulis.

Terhadap tiga orang hakim ad hoc yang juga sempat diperiksa KY, komisi pengawas hakim ini menyatakan bahwa tindakan walk-out tersebut adalah untuk menghindarkan kebuntuan dalam majelis.

Minta Diganti
Sebelumnya, seperti diberitakan berbagai media massa ini, persidangan kasus dugaan penyuapan terhadap hakim MA yang dilakukan terdakwa Harini Wijoso itu terus menerus ditunda karena perbedaan pendapat kelima majelis hakim ad hoc.

Kompas, 18 Maret 2006, melaporkan bahwa ketiga hakim ad hoc non karir telah meminta agar ketua majelis diganti saja. Di sisi lain, kuasa hukum Harini merasa penundaan sidang sampai empat kali mulai mengganggu kepentingan kliennya.

Komisi Yudisial akhirnya memang berinisiatif memanggil kelima hakim ad hoc perkara itu untuk dimintai keterangan. Komisi beranggapan dalam menyidangkan kasus, patokan hakim adalah KUHAP, di mana hakim wajib memeriksa saksi yang diajukan jaksa. Menurut Busyro, kalau jaksa sudah mengajukan nama saksi-saksi, itu pasti sudah dengan pertimbangan dan sudah merujuk pada hukum pembuktian.

Patut disesalkan, ketua majelis hakim menolak dengan alasan tidak ada relevansinya. Apalagi dasarnya adalah Surat Edaran Mahkamah Agung, yang tentu lebih rendah dari undang-undang.

Belakangan, ada tuntutan untuk membubarkan saja majelis kasus tersebut dan mengganti dengan anggota-anggota baru. Sementara menurut pendapat mantan hakim agung Benjamin Mangkoedilaga yang dikutip majalah Tempo, 21 Mei 2006, dalam laporannya berjudul “Terbelah Soal Bagir Manan”, Kresna Menon harusnya tunduk pada hasil voting ketika tiga orang anggota majelis setuju Bagir dihadirkan.

Namun, ia juga memaklumi mengapa Kresna dan Sutiyono yang notabene adalah hakim karir bersikap demikian. Mungkin lantaran takut karirnya terhambat.

Di sisi lain, Ketua MA Bagir Manan menegaskan soal rekomendasi itu, siapa saja bisa mengajukannya. Namun, dia kembali mengingatkan bahwa semua kewenangan itu ada di MA.RH,DA (Berita Indonesia 15)

Para hakim yang diperiksa dan direkomendasikan Komisi Yudisial ke Mahkamah Agung untuk dikenakan sanksi adalah:

A. Kasus Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, diputuskan pada 16 Mei 2006
dan disampaikan ke MA pada 19 Mei 2006. Hakimnya adalah:
1. Kresna Menon : sanksi pemberhentian sementara selama 1 tahun
2. Sutiono : sanksi teguran tertulis
3. Dudu Duswara : tak dikenakan sanksi
4. I Made Hendra Kusuma : tak dikenakan sanksi
5. Ahmad Linoh : tak dikenakan sanksi

B. Kasus Pengadilan Negeri Stabat (PN Stabat) yang mengadili Ahmad
Azuar (Raju), diputuskan oleh KY pada 28 Maret 2006. Hakimnya
adalah: Tiurmaida H. Pardede : sanksi teguran tertulis

C. Kasus Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) soal perkara Bank
Mandiri, Neloe Cs. Diputuskan KY pada 11 Mei 2005 dan disampaikan
ke MA pada 17 Mei 2006. Hakimnya adalah:
1. Gatot Suharnoto : sanksi pemberhentian sementara selama 1,5 tahun
2. Mahmud Rahimi : sanksi pemberhentian sementara selama 1 tahun
3. I Ketut Manika : sanksi pemberhentian sementara selama 1 tahun.

Kasus Heli Harus Selesai
Tim Penyidik Koneksitas menargetkan penanganan kasus dugaan korupsi pengadaan helikopter Mi-17 oleh Departemen Pertahanan dapat selesai dalam waktu tiga bulan.

Cukupkah waktu tiga bulan untuk menuntaskan kasus yang telah bergulir sejak tahun 2004 itu? Tampaknya Tim Penyidik Koneksitas optimis hal itu bisa dicapai. “Dalam tiga bulan diharapkan sudah tuntas,” kata Wakil Komandan Puspom TNI-AD Brigjen TNI Hendardji, salah seorang anggota penyidik.

Harian Republika, 21 Mei 2006, memberitakan Tim Penyidik Koneksitas itu diketuai Hendarman Supandji dengan 14 anggota dari Kejaksaan antara lain Soewandi, Arnold Angkow dan Ranu Mihardja, sedangkan dari militer di antaranya Brigjen TNI Hendardji dan Oditur Jenderal Brigjen TNI Heru Haryono.

Kasus pengadaan helikopter Mi-17 itu merupakan temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada tahun 2004. Dalam kajian kasus ditemukan koneksitas antara keterlibatan pihak sipil dan militer. Dalam penyidikan dugaan korupsi yang disebut merugikan negara sebesar 3,24 juta dolar AS itu telah ditetapkan satu tersangka dari pihak sipil yaitu Direktur PT Inti Sarana Bina Sakti yang merupakan penghubung Swift Air Industrial Supplies (SAIS) dan PT Putra Pobiagan Mandiri (perusahaan yang disebut-sebut sebagai pemasok). Disinggung mengenai kemungkinan tersangka dari pihak militer, Hendardji mengatakan hal itu bisa saja benar.

“Dugaan itu ada, tetapi siapa orangnya kan belum karena penyidikan belum mulai. Nanti dalam penyidikan akan ada evaluasi dan penetapan tersangka,” katanya. Setelah menyelesaikan berkas penuntutan, menurut Hendardji, perkara itu akan dilimpahkan dan diadili di Peradilan Umum.

Sementara itu, seperti dilaporkan Suara Karya, KSAD Jenderal Djoko Santoso sebelumnya juga telah mengutarakan dukungan TNI AD terhadap tim koneksitas dalam pengusutan kasus MI-17.

Pembentukan Tim Penyidik Koneksitas itu sesuai dengan pasal 39 UU 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang mengatur Jaksa Agung mengoordinasikan dan mengendalikan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan tindak pidana korupsi.RH (Berita Indonesia 15)

Kuitansi yang Janggal
Teka teki keterlibatan ‘Trunojoyo I’ dalam kasus penyuapan yang dilakukan tersangka kasus BNI semakin kabur.

ADRIAN WAWORUNTU: Diduga menyuap saat ditahan di BareskrimMunculnya dua kuitansi yang ditandatangani salah satu terpidana kasus BNI, Adrian Herling Waworuntu menjadikan kasus ini semakin ‘aneh’. Salinan dua kuitansi ini diperoleh wartawan dari Kabareskrim Komjen Pol Makbul Padmanagara saat acara rapat kerja Kapolri Jenderal Sutanto dengan anggota Komisi III DPR, Senin (15/5/2006).

Harian Kompas, 20 Mei 2006, melaporkan, para wartawan sempat meragukan keabsahan dua kuintansi ini karena ada beberapa kejanggalan yakni bentuk huruf tulisan termasuk gaya coretan pena di dua kuitansi sama, padahal tanggal dua kuitansi selisih tiga bulan. Materai senilai Rp 6 ribu juga janggal karena transaksi nilai miliaran rupiah tidak cukup hanya satu materai tapi lebih dari lima materai.

Di dua kuitansi ini, Adrian yang membubuhkan tanda tangan sebagai penerima uang. Ini janggal karena seharusnya yang tanda tangan kuitansi adalah penerima uang yakni Mabes Polri. Padahal, yang terjadi adalah Adrian yang memberikan uang itu ke Mabes Polri.
Kuitansi pertama tertanggal 10 Desember 2003 menyebutkan ‘PT Brocolin Internasional’ menyerahkan uang Rp 8,5 miliar untuk biaya operasional dengan Kepolisian. Kuitansi bermaterai Rp 6 ribu itu ditandatangani oleh Adrian Waworuntu.

Kuitansi kedua tertanggal 6 Maret 2006 juga menyebutkan PT Brocolin Internasional menyerahkan uang Rp 7 miliar untuk biaya administrasi dengan Kepolisian dengan tanda tangan Adrian Waworuntu juga.

Dua kuitansi ini dikeluarkan PT Brocolin International untuk biaya ‘operasional Kepolisian’ saat Mabes Polri menyidik skandal kredit fiktif BNI Rp 1,7 triliun.

Dua kuitansi itu berbeda dengan keterangan saksi AKP Siti Kumalasari di PN Jaksel, (13/4) dengan terdakwa mantan Kepala Unit Perbankan Bareskrim Kombes Pol Irman Santosa. Kumalasari mengaku pernah melihat dua kuitansi senilai Rp 7 miliar untuk operasional di Bareskrim, dan Rp 8,5 miliar untuk operasional ‘Trunojoyo I’.

Namun seperti diberitakan harian yang sama, 18 Mei 2006, Kumalasari belakangan menganulir kesaksiannya ketika ditanyai Wakadiv Humas Mabes Polri Brigjen Anton Bachrul Alam.

Kumalasari kemudian dicopot dari tugasnya sebagai penyidik. Ia masih tetap di Bareskrim, namun hanya mengurusi administrasi.RH (Berita Indonesia 15)

menteri yang dinanti-nanti

Hamid Awaluddin sampai kini berstatus saksi. KPK dianggap tebang pilih. Kasus dugaan korupsi di Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus berlanjut.Hamid Awaluddin, mantan anggota KPU yang kini menjabat Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM), Dipanggil KPK untuk diperiksa (13/3).

Kelihatannya KPK tidak mau mengejar bola untuk segera memproses pengadaan kotak suara yang melibatkan dua saksi dalam pengadaan kotak suara hasil Pemilu tahun 2004 lalu. Mereka hanya menunggu hasil dari tim penyidik, apakah ada alat bukti untuk merubah status Hamid dari saksi menjadi tersangka bisa saja terjadi dengan alat bukti kuat yang bisa dipertanggungjawabkan yang kini ditunggu pihak KPK. “Ya saat ini dia tetap menjadi saksi. Kalau ada yang tanya apakah bisa jadi tersangka, ya kita lihat dulu apakah ada alat bukti lainnya,” jelas Tumpak, Wakil Ketua KPK.

Padahal, anggota Komisi III DPR RI Trimedya Panjaitan berpendapat, pengakuan Daan Dimara saat diperiksa sebagai tersangka kasus korupsi pengadaan segel surat suara di KPK, harus ditindak lanjuti oleh KPK. “Memang ada kesan KPK tidak serius menangani Hamid dan Chusnul Mar’iyah. Saya sangat berharap KPK tidak tebang pilih dalam hal ini,” harap Trimedya.

Hal senada juga datang dari Guru Besar Hukum Pidana Universitas Padjajaran Romly Atmasasmita, yang sempat mempertanyakan alasan KPK belum memeriksa Hamid dan Chusnul. “Pak Tumpak mengatakan sedang dalam penyelidikan. Hanya dalam pemikiran saya, ketuanya sudah ditahan, seharusnya anggota KPU lainnya juga,” jelas mantan penyeleksi pimpinan KPK itu.

Sementara itu, Koran Tempo, 2 Maret 2006 juga menurunkan judul “Pemanggilan Hamid KPK Belum Temukan Indikasi”. Menurut Ketua KPK Taufiequracman Ruki, sejauh ini belum ada indikasi keterlibatan Hamid dalam kasus korupsi di KPU. “Tidak bisa karena dia anggota KPU, lalu dia tidak bisa tersangkut,” katanya.

Alasan KPK yang menunggu hasil penyelidik atas keterlibatan Hamid dan Chusnul tentang korupsi ini tidak perlu ditunggu. Kalangan Dewan tidak satu suara atas sikap KPK yang menunggu hasil tim penyidik. “Sepanjang yang kami tahu, kewenangan yang ada pada dua orang itu terkait dengan proses pengadaan (barang untuk kebutuhan Pemilu),” kata Wakil Ketua Komisi Hukum DPR, Mulfachri Harapah. Mulfachri berharap KPK bertindak benar-benar berdasarkan fakta hukum dan bukan pesanan pihak tertentu”.AM,RH (Berita Indonesia 10)***

Kamar Baru di Sukamiskin
Lapas Cipinang penuh. Beberapa narapidana kasus korupsi dipindahkan sementara.
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang penuh bukan berita baru lagi. Bangunan penjara itu kini tengah direnovasi besar-besaran dan akan ditambah bangunan baru untuk menambah kapasitasnya. Berkaitan dengan itu, maka sejumlah penghuninya akan dititipkan sementara ke lapas-lapas yang lain.



Maka, sebenarnya tidak mengherankan jika Probosutedjo, Abdullah Puteh dan John Hamenda – ketiganya terpidana kasus korupsi – dipindahkan ke Lapas Sukamiskin, Bandung. Berbagai media memuat berita ini.–Koran Tempo, 4 Maret 2006 bahkan menjadikannya headline dengan judul “Tiga Koruptor Pindah Penjara”.

Mereka bertiga dibagi menjadi tiga blok yaitu Probosutedjo (76) berada di Blok Timur Atas No. 38, Abdullah Puteh (58) berada di Blok Barat Atas No. 25 dan John Hamenda (48) berada di Blok Timur (Kuningan) No.3.

Lapas Sukamiskin sesungguhnya bangunan yang memiliki tempat dalam catatan sejarah bangsa, karena di penjara inilah Presiden Pertama RI Soekarno pernah ditahan dan menghasilkan berbagai buah pikirannya. Lapas ini dibangun pemerintah Belanda mulai 1918 – 1924, bentuknya mirip kincir angin jika dilihat dari atas.

Direktur Pengamanan Ditjen Pemasyarakatan Departemen Hukum dan HAM, Djoko Mardjo menambahkan, tahanan di Blok 3H Lapas Cipinang akan dipindahkan secara bertahap ke sejumlah Lapas sehingga proses pembangunan untuk menambah kapasitas Lapas Cipinang dapat dilaksanakan setelah sebelumnya pembangunan gedung baru di sebelah Timur bangunan lama yang sudah dimulai sejak 2001 akan selesai pada April 2006. “Terpidana lainnya juga akan menyusul dipindahkan seperti Rahardi Ramelan. Mengenai lokasi Lapasnya, kita lihat mana yang kosong dan dapat menampung,” jelasnya seperti dikutip Republika, 4 Maret 2006.

Ia menambahkan, pemindahan itu dilakukan untuk mempercepat renovasi besar-besaran Lapas Cipinang. “Kalau renovasi selesai, (mereka) tentu akan dikembalikan ke Cipinang. Terpidana lain yang akan dititipkan di sejumlah Lapas, baik di Sukamiskin atau Lapas di Jawa Barat, Banten maupun di Jawa Tengah. Di Bandung, selain di Lapas Sukamiskin, para terpidana akan ditempatkan di Lapas Soekarno-Hatta”.

Sementara itu, menurut catatan Indo Pos, 4 Maret 2006, di Lapas Cipinang yang masih menunggu giliran untuk dipindahkan ke Lapas lain ialah ada Beddu Amang (kasus ruislag Bulog PT Goro Batara Sakti), Rahardi Ramelan (kasus Bulog II), Hendrawan Haryono (kasus BLBI Bank Aspac), Adrian H. Waworuntu (kasus pembobolan Bank BNI) dan Paul Sutopo (kasus korupsi BLBI).AM,RH (Berita Indonesia 10)***

misteri lima juta dolar

Kini Neloe harus menghadapi tuduhan pencucian uang oleh Pemerintah Swiss. Rekeningnya masih diblokir.

Meski telah divonis bebas, ECW Neloe tidak serta merta bernapas lega.Mantan Dirut Bank Mandiri itu harus menghadapi dugaan tindak pidana lainnya. Tak tanggung-tanggung, pemerintah Swiss kini tengah menyelidiki dugaan praktik pencucian uang, menyusul transfer dana ke rekeningnya di salah satu bank di negara itu sebesar lima juta dolar AS.



Berita tentang Neloe masih menjadi santapan media massa. Harian Bisnis Indonesia, 1 Maret 2006, bahkan menjadikannya headline dengan judul “Swiss Usut Rekening Neloe.”
Meski tidak disebutkan sejauh mana Pemerintah Swiss menyidik kasus tersebut maupun besarnya aset yang dimiliki Neloe, rekening itu ternyata sudah dibekukan sejak mantan bankir itu ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tindak pidana korupsi di Bank Mandiri tahun lalu.

Menurut Ketua Tim Pemburu Koruptor (TPK) Kejaksaan Agung, Basrief Arief, meski Neloe divonis bebas, pemblokiran rekening tetap dilakukan. Kejaksaan Agung tengah melakukan upaya kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan bebas tersebut.

Berkaitan dengan upaya Pemerintah Swiss dalam penyelidikan itu, Kejaksaan Agung segera menggalang kerja sama dengan Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK). Kerja sama juga akan ditempuh dengan Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri, untuk mengorek informasi asal-usul aliran dana yang masuk ke rekening Neloe.

Neloe dan dua mantan direktur Bank Mandiri, I Wayan Pugeg dan M. Sholeh Tasripan, divonis bebas oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang diketuai Gatot Suharnoto dalam kasus korupsi pemberian kredit Bank Mandiri kepada PT Cipta Graha Nusantara, yang merugikan negara Rp 160 miliar.

Komisi Yudisial kini tengah memfokuskan pemeriksaan Gatot Suharnoto dkk atas pilihan undang-undang yang dipakai membebaskan ketiga terdakwa.

Sementara itu, pengacara Neloe, Juan Felix Tampubolon menanggapi tetap diblokirnya rekening Neloe sebagai reaksi sikap emosional pihak kejaksaan atas vonis bebasnya Neloe.

Seperti dikutip Kompas, 1 Maret 2006, ia menduga semula rekening diblokir untuk memudahkan pengembalian kerugian negara jika hakim menjatuhkan vonis bersalah kepada Neloe. Sekarang ia mempertanyakan dugaan pencucian uang terhadap kliennya.

Target Tim Pemburu Koruptor dalam memburu aset koruptor di dalam dan di luar negeri memang tak main-main. Harian Indo Pos, pada hari yang sama, melaporkan bahwa selain membantu Pemerintah Swiss dalam penyelidikan aset Neloe, TPK juga masih memburu aset-aset para koruptor lainnya. TPK telah merilis daftar 10 pengemplang uang negara yang menjadi prioritas untuk diburu. Ke-10 orang dalam kategori big fish itu diduga saat ini masih ada di luar negeri.RH (Berita Indonesia 10)***

Memburu Aset Koruptor
Basrief Arief dan timnya mengaku hingga kini baru berhasil mendapatkan Rp 2 triliun – Rp 2,5 triliun yang bisa dikembalikan kepada negara, yakni dari Bambang Sutrisno, Adrian Kiki Ariawan dan Hendra Rahardja. Padahal, target TPK adalah Rp 7 triliun.



Di Hongkong, dilaporkan–Bisnis Indonesia, TPK melacak aset alm. Hendra Rahardja, mantan Preskom Bank Harapan Sentosa, senilai 9,3 juta dolar AS. Sementara di Swiss, yang diburu adalah aset Irawan Salim, mantan bos Bank Global, senilai Rp 500 miliar. ECW Neloe tengah diselidiki karena diduga memiliki rekening di Swiss sebesar 5 juta dolar AS. Ketiga aset itu kini diblokir.

Swiss memang menjadi favorit bagi para koruptor. Dana mantan Presiden Filipina Ferdinand Marcos ditaksir 414 dolar AS. Ketika disita sebagian oleh Pemerintah Filipina pada 2003, sudah membengkak menjadi 683 dolar AS.

Mantan PM Pakistan Benazir Bhutto juga dibekukan 12 rekeningnya, yang ditaksir 80 juta dolar pada tahun 1997.RH (BI 10)***

jaksa korek pak suharto

Seperti yang banyak diberitakan media masa baik cetak maupun elektronik, bahwa mantan presiden di era Orde Baru itu kesehatannya akan diperiksa kembali oleh tim dokter dari Kejaksaan untuk memastikan kondisi terbaru kesehatannya. Boleh jadi pemeriksaan tersebut ada kaitannya dengan rencana jaksa untuk membuka kembali kasus Pak Harto.

Jaksa Agung Abdul Rahman Saleh menegaskan bahwa Presiden SBY tidak akan melakukan intervensi dalam upaya membuka kembali kasus mantan Presiden Soeharto. Arman, demikian ia disapa, juga menegaskan kembali rencana Kejaksaan untuk melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan pak Harto minggu depan. Rencana ini telah dikonsultasikan dengan pihak Mahkamah Agung (MA).



Untuk melakukan pemeriksaan tersebut, Kejaksaan akan membentuk tim. Ketika ditanya apakah tim yang dimaksud adalah tim yang dulu merekomendasikan penghentian pemeriksaan terhadap Soeharto, Rahman mengisyaratkan bahwa tim lama akan tetap dilibatkan.

Arman juga menjawab ‘tidak’ ketika ditanya kemungkinan membawa Soeharto ke luar negeri untuk diperiksa kesehatannya.

Sementara pengacara senior Adnan Buyung Nasution, menilai langkah yang akan ditempuh Kejaksaan untuk memeriksa kembali kondisi kesehatan Pak Harto, sudah tepat. Pasalnya, secara kasat mata, Pak Harto sepertinya sudah terlihat sudah sehat. Demikian Hukumonline.com, 24 April 2006.

Putusan Pengadilan Jakarta Selatan yang diketuai Lalu Mariyun yang berlangsung pada 28 September 2000 menetapkan bahwa penuntutan perkara pidana HM. Soeharto tidak dapat diterima dan sidang dihentikan. Putusan tersebut lahir setelah majelis hakim menerima masukan hasil test kesehatan Pak Harto di RS Pertamina pada tanggal 23 September 2000 yang menunjukkan bahwa Pak Harto secara fisik sehat, namun mengalami berbagai gangguan syaraf dan mental sehingga sulit diajak berkomunikasi. Demikian Republika, 24 April 2006.

Apapun yang akan mengemuka atas kasus tersebut, namun Jaksa Agung menolak rencana tersebut sebagai komoditas politik.SB (Berita Indonesia 13)***

Sidang Untuk Wakil Rakyat
Kelanjutan persidangan terhadap 10 mantan anggota DPRD NTB yang terkait kasus dugaan korupsi dana APBD senilai Rp 17 miliar tak berujung. Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) L. Winengan berpendapat sebaiknya dihentikan saja agar tidak membingungkan masyarakat. Dia menilai kasus tersebut sangat terkait dengan stabilitas di NTB.



Dikatakannya, masyarakat banyak mempertanyakan kelanjutan proses hukum kasus dugaan korupsi tersebut karena cukup lama mengendap. Bahkan selama kasus tersebut digulirkan sudah tiga kali terjadi pergantian Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) NTB. Kepala Seksi Penerangan Hukum (Penkum) dan Humas Kejati NTB, Mariadi Idham, mengatakan, proses hukum tetap jalan. Dan Kejati sudah menggelar sidang dan memeriksa 20 saksi sejak pertengahan November 2004.

Keterangan saksi H. Lalu Serinata (Gubernur NTB) juga telah dibacakan jaksa pada persidangan dari hasil pemeriksaannya di Kejati NTB beberapa waktu sebelumnya. Sidang terakhir Senin (17/4) pemeriksaan terdakwa dan dinyatakan selesai.

Sebagaimana diketahui, kasus dugaan karupsi dana APBD NTB 2001/2002 tersebut setidak-tidaknya melibatkan 10 terdakwa mantan anggota DPRD NTB. Mereka diantaranya, Lalu Kushardi Angrat, Lalu Kumala, Lalu Mustakim, I Gusti Komang Padang, Anwar MZ, Abdul Hafidz, Abu Bakar Muchdi, dan Sunardi Ayub mantan Ketua DPRD NTB (1999-2004). Sedangkan anggota DPRD NTB yang aktif dan menjadi terdakwa yaitu Ali Ahmad dan Taqiuddin Mansyur.

Kasus dugaan korupsi yang semula disebut-sebutkan Rp 24 miliar lebih tersebut awalnya melibatkan 12 anggota dan mantan anggota DPRD NTB, namun dua diantaranya yakni, Artawa dan H Mahdan meninggal dunia karena sakit. Demikian ditulis Media Indonesia online, 24 April 2006.SB (Berita Indonesia 13)***

habisi korupsi terbitlah teror hukum

Diduga karena semakin terpojok oleh pemberitaan pers dan kegigihan para aktivis, koruptor atau kroninya berusaha melakukan teror untuk menakut-nakuti para pejuang anti korupsi.

Kekerasan terhadap penggiat antikorupsi kembali terjadi. Baru-baru ini, nasib malang menimpa seorang aktivis ICW (Indonesian Corruption Watch) bernama Tama Satrya Langkun. Peristiwa naas itu terjadi pada Kamis 8 Juli 2010 dinihari sekitar pukul 03.45. Tama dianiaya oleh 4 orang tak dikenal di Duren Tiga, Jakarta Selatan setelah menyaksikan pertandingan sepakbola Piala Dunia di Kemang, Jakarta Selatan. Akibat penganiayaan tersebut, Tama menderita memar dan luka di beberapa bagian tubuh, seperti luka akibat benda tumpul di tangan dan luka bacokan di kepala. Ketika itu, ia pun harus menjalani perawatan di RS Asri, Jalan Duren Tiga, Jakarta.

Beberapa hari sebelum kejadian, kepada kawan-kawannya Tama mengungkapkan bahwa ia sempat dikuntit dan diteror sejumlah orang. Mengingat Tama adalah salah satu pelapor kasus dugaan rekening mencurigakan milik sejumlah Perwira Tinggi Polri ke KPK dan Satgas Pemberantasan Mafia Hukum, sehingga banyak pihak yang menduga kekerasan yang diterima Tama itu berkaitan dengan aktivitasnya.

Teror terhadap pejuang anti korupsi memang cukup menonjol belakangan ini. Beberapa waktu sebelum penganiayaan Tama, dan atau tidak lama setelah pemuatan tulisan mengenai rekening gendut oknum perwira Polri di Majalah Tempo, penyerangan dan aksi pelemparan bom molotov juga terjadi pada kantor majalah Tempo di Jakarta Pusat oleh sejumlah orang tak dikenal. Karena kedua kasus tersebut terkait dengan lembaga kepolisian, tak mengherankan jika ada yang menuding bahwa orang-orang yang melakukan teror itu kemungkinan besar adalah oknum-oknum dari pihak kepolisian sendiri.

Seperti yang diungkapkan oleh Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW), Danang Widoyoko, “Tempo dibom setelah menulis rekening gendut perwira Polri, dan Tama dibacok setelah melaporkan kasus rekening Polri ini ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).”

Sebaliknya, tudingan tersebut langsung dibantah Kapolri Bambang Hendarso Danuri. Ia mengatakan, bahwa itu merupakan taktik adu domba antara kepolisian dan Tempo. Hal senada juga diungkapkan Koordinator IPW (Indonesia Police Watch) Neta S Pane. Neta berargumentasi, bahwa meneror bukanlah karakter dari kepolisian. IPW justru khawatir ada pihak tertentu yang mengadu domba Kepolisian, pers, dan LSM, karena kasus ini beriringan dengan laporan ICW serta pemberitaan Majalah Tempo soal dugaan rekening beberapa perwira Polri yang tak lazim.

Sementara itu, kekerasan itu sangat disesalkan sejumlah aktivis yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil Anti Kekerasan. Mereka mengecam keras penganiayaan fisik terhadap aktivis ICW Tama Langkun atau aktivis prodemokrasi lainnya.

Tidak hanya aktivis, Presiden Yudhoyono juga menunjukkan simpatinya dengan cara menjenguk Tama ke RS Asri Sabtu (10/7/2010) . Pada kesempatan itu, Presiden juga mengaku telah meminta Kapolri Bambang Hendarso Danuri untuk mengusut tuntas kasus tersebut. Di belakang Presiden SBY, beberapa tokoh nasional seperti Ketua MK Mahfud MD dan lain sebagainya juga bergantian hadir menjenguk Tama.

Sementara Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar yang juga menyesalkan aksi kekerasan tersebut berharap agal hal itu tidak menyurutkan perjuangan aktivis antikorupsi di Indonesia. Menurutnya, pemerintah mendukung upaya LSM untuk mengawasi program pemberantasan korupsi. Pendiri ICW Teten Masduki pun menegaskan, gerakan antikorupsi tak takut dengan teror ini. “Tujuan teror adalah untuk menciptakan rasa takut. Namun, saya tegaskan, kami tak takut,” ujarnya. Ia menjamin, ICW dan juga gerakan antikorupsi lain akan terus melawan. “Ini malah akan menguatkan gerakan antikorupsi,” katanya.

Perilaku korupsi yang telah membudaya di Indonesia menimbulkan kekhawatiran para aktivis antikorupsi. Dampak korupsi yang maha dahsyat karena dianggap sebagai faktor utama penyebab kemiskinan struktural dan kesenjangan sosial. Sebagaimana lazimnya sebuah perjuangan, tak ada yang tanpa resiko. Ancaman, intimidasi hingga teror percobaan pembunuhan menghantui hari-hari mereka yang tak lelah menyuarakan ketidakadilan untuk membela nasib rakyat kecil.

Selain terhadap ICW dan Tempo, teror yang sama juga sudah sering diterima LSM di sejumlah daerah. Tercatat, sejumlah intimidasi mulai dari perusakan, penembakan hingga pembunuhan telah diterima para aktivis. Seperti peristiwa yang dialami oleh Ketua LSM Masyarakat Pati Antikorupsi (Mapak) Fariq Nur Hidayat, dimana kediamannya dirusak oleh sejumlah orang tak dikenal.

Upaya percobaan pembunuhan juga dialami oleh seorang aktivis LSM Kelompok Pemantau Korupsi Daerah (KPKD) Probolinggo, Abdul Qodir alias Adeng yang saat itu rajin menyoroti kasus dugaan penyunatan dana bantuan bencana alam puting beliung di Probolinggo. Adeng ditembak di kepalanya oleh orang tak dikenal pada 28 Maret 2009. Beruntung, peristiwa itu tak sampai merenggut nyawanya.

Nasib naas terjadi pada DR. IR. Oddy Manus MSc, seorang alumnus cendekiawan kelautan Jepang, yang juga merupakan Dosen Unsrat dan Wakil Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan. Oddy terbunuh dengan sejumlah luka bacokan, jasadnya ditemukan pada tanggal 23 Desember 2006 setelah sebelumnya diculik pada tanggal 9 Desember 2006. Peristiwa sadis ini ditengarai ada kaitannya dengan aktivitas Oddy yang waktu hidupnya sangat getol membuka borok kasus korupsi balai benih ikan di Dinas Perikanan & Kelautan Sulut.

Kejadian-kejadian di atas setidaknya menggambarkan risiko yang harus dihadapi para pejuang antikorupsi. Yang sangat disayangkan, banyak dari peristiwa kekerasan bahkan hingga yang berujung kematian tidak jelas penyelesaiannya, bahkan sering menguap begitu saja. BI (Berita Indonesia 78)

Mereka Membeli Angin

Turunnya daya beli masyarakat telah menyebabkan banyak usaha menengah-kecil tutup dan menyebabkan meningkatnya pengangguran.

Jobstreet, alternatif melamar kerjaKetika harga BBM naik Oktober tahun lalu, dimulailah drama kemiskinan itu. Media massa memberitakan orang-orang yang terpaksa bertahan hidup dengan memakan nasi aking (nasi sisa yang dikeringkan) dan umbi-umbian. Berita-berita tentang balita yang kurang gizi di berbagai daerah juga mewarnai media massa, menandakan keterpurukan ekonomi masih enggan beranjak dari sisi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Berbagai hal itu menyadarkan betapa menurunnya daya beli masyarakat. Selain karena kondisi ekonomi yang masih sulit, menurunnya daya beli juga berpengaruh pada sektor industri, terutama yang bergerak di bidang barang konsumsi publik. Imbasnya, banyak perusahaan gulung tikar, sehingga banyak tenaga kerja yang menganggur. Alih-alih untuk tenaga kerja berpengalaman, peluang kerja bahkan lebih sempit lagi bagi tenaga kerja yang belum berpengalaman.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) yang selama ini sangat concern terhadap konsumen, juga mencermati masalah daya beli masyarakat.

Menurut Ketua Pengurus Harian YLKI Indah Suksmaningsih, YLKI memang memperluas peran tidak lagi melihat mutu produk, tetapi juga ikut menjamin bahwa harga-harga yang merupakan kebutuhan pokok itu bisa dibeli masyarakat yang daya belinya terus turun.

Kebijakan yang menyengsarakan konsumen juga jadi perhatian YLKI. Harga air minum dari PDAM yang sekarang mahal itu bukan hanya karena masalah produksi melainkan juga menyangkut utang dari Asian Development Bank dan World Bank. Kebijakan ekonomi internasional, menurut YLKI, ternyata ikut mempengaruhi daya beli konsumen.

Mengenai kenaikan BBM yang menjadi sumber naiknya barang-barang pokok, YLKI berpendapat, pemerintah seharusnya melakukan financial check up lebih dahulu. Artinya, kemampuan finansial pemerintah harus diaudit terlebih dahulu. Pola semacam ini sudah banyak dilakukan oleh negara-negara lain.

Pengurus Harian YLKI Sudaryatmo menilai, pemerintah tidak fair saat menaikkan harga BBM yang berakibat pada kenaikan harga. Sebab, kenaikan itu tidak diikuti dengan tindakan pemerintah untuk menaikkan pendapatan masyarakat. Harusnya kalau pemerintah memutuskan untuk menaikkan harga BBM, maka pemerintah juga harus bertanggungjawab menaikkan pendapatan masyarakat. Agar daya beli masyarakat tidak semakin menurun.

Indikasi Berbagai Sektor
Salah satu indikasi yang dilihat YLKI soal menurunnya daya beli masyarakat antara lain dari sektor perumahan. Kenaikan harga rumah, menurut Sudaryatmo, memang sulit dihindari akibat gejolak harga-harga bahan bangunan menjelang kenaikan harga BBM. Namun, pemerintah harus bertanggung jawab untuk tetap memberikan akses kepada masyarakat bawah untuk mendapatkan tempat tinggal.

Pameran bursa tenaga kerja, paling diburuRumah merupakan kebutuhan riil masyarakat. Karena itu, masyarakat bawah tetap harus mendapatkan akses untuk mendapatkan tempat tinggal. Kalau mereka tidak bisa memiliki atau membeli, minimal bisa menyewa. Karena itu, menurut Sudaryatmo, pemerintah perlu membangun rumah-rumah sewa dengan tarif sewa yang murah. Pola-pola subsidi semacam ini masih relevan untuk dilakukan.

Subsidi bagi masyarakat bawah, lanjut Sudaryatmo, alokasinya harus benar-benar diperhatikan dan jangan bersifat karikatif (dibagi-bagi). Sebab begitu dibagi-bagi, maka akan habis dengan sendirinya. Subsidi perlu diberikan secara lebih sistemik dan jangka panjang. Salah satunya, bisa dengan cara membangun rumah-rumah sewa namun dengan tarif murah agar bisa terjangkau masyarakat bawah.

Indikasi melemahnya daya beli masyarakat juga bisa dilihat dari penjualan elektronik turun drastis sejak Januari 2006.

Tidak tanggung-tanggung, penurunan penjualan produk elektronik berada di atas 5%. Berdasarkan data Electronics Marketer Club (EMC) penjualan sejumlah produk elektronik pada Januari 2006 menurun signifikan antara 6,2% sampai 25,1%, akibat melemahnya daya beli masyarakat pasca kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada Oktober 2005.

Melemahnya daya beli masyarakat merupakan salah satu penyebab menurunnya penjualan masyarakat, karena selama ini mayoritas pelaku usaha lebih memfokuskan pemasaran di dalam negeri dibandingkan ekspor.

Menurunnya daya beli masyarakat juga bisa dilihat dari sektor barang sekunder dan tertier seperti produk tekstil dan emas.

Pesimisme dirasakan para pengusaha tekstil dan produk tekstil (TPT). Pasalnya, produk TPT pada dasarnya merupakan kebutuhan tertier bagi masyarakat. Sehingga jika terjadi pelemahan daya beli, otomatis akan dikalahkan oleh pemenuhan kebutuhan yang tergolong primer dan sekunder.

Selain masalah melemahnya daya serap pasar domestik, industri TPT juga harus menghadapi semakin mahalnya biaya produksi. Kenaikan harga BBM juga menaikkan berbagai cost factor, baik yang langsung maupun yang tidak langsung. Semua ini membuat 2006 menjadikan industri TPT menghadapi cobaan yang berat.

Penjual perhiasan emas pun kini mulai mengeluhkan menurunnya volume penjualan mereka hingga 50 persen. Penurunan penjualan itu diakibatkan naiknya harga emas dunia, sementara daya beli masyarakat melemah.

Harga emas saat ini rata-rata mencapai Rp 165.000 per gram untuk kadar 24 karat. Padahal tahun 2005 lalu harga emas dengan kadar 24 karat rata-rata Rp 120. 000 per gram.
Naiknya harga emas dunia mencapai 563 dollar AS per troy ounce, dari sebelumnya 575 dolar AS per troy ounce. Naiknya harga emas dunia ini turut memicu naiknya harga emas lokal karena sebagian bahan baku pembuatan perhiasan emas diperoleh dari impor.

Turun Cukup Signifikan
Tingkat inflasi bulan Februari tahun 2006 mencapai angka 0,58 persen. Hal itu telah menjadikan inflasi year on year terjadi di level 17,92 persen. Pengeluaran masyarakat untuk bahan makanan menjadi penyumbang inflasi terbesar, disusul oleh perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar.

Menurut Wakil Direktur Program MM UII Yogyakarta Drs Nur Feriyanto, inflasi year on year sebesar dua digit tersebut menjadikan daya beli masyarakat turun cukup signifikan. Pendapatan masyarakat yang cenderung tetap bahkan menurun telah menyebabkan pendapatan riil masyarakat tergerus tajam oleh tingkat inflasi. Ancaman inflasi masih mengincar di bulan April, Mei dan seterusnya ketika dorongan menaikkan TDL dan gas muncul.

Pedagang pasti telah melakukan antisipasi menaikkan harga ketika keputusan menaikkan TDL dan gas masih menjadi perdebatan. Multiplier effect adanya kenaikan TDL dan gas pasti akan mendorong harga barang dan jasa naik. Sedangkan di sisi daya beli konsumen, inflasi akan menurunkan kemampuannya dalam melakukan konsumsi.

Turunnya daya beli masyarakat juga menyebabkan banyak usaha menengah-kecil tutup usaha karena selain tidak mampu menanggung kenaikan biaya produksi yang tinggi, juga karena tidak terbelinya produknya oleh konsumen.

Banyak usaha kecil menengah seperti usaha tahu-tempe, usaha batik perorangan, usaha tekstil atau garmen, usaha handicraft, atau usaha mebel terpaksa tutup karena tidak mampu membeli bahan baku yang harga belinya terus melambung.

Lemahnya daya tahan perekonomian nasional, infrastruktur yang kurang memadai, serta daya beli masyarakat yang rendah telah membuka lebar-lebar peluang masuknya barang-barang dari luar negeri dengan harga murah, kualitas tinggi, desain menarik serta dukungan distribusi yang kuat. Akhirnya, Indonesia hanya akan menjadi pasar barang impor yang harganya lebih terjangkau. Semakin terpuruklah industri dalam negeri. Jumlah angka pengangguran bertambah dan lapangan kerja semakin menyempit.

Menurut anggota Dewan Pakar ICMI, A. Riawan Amin, dilihat dari pertumbuhan ekonomi 2005 yang hanya mencapai 5,6 persen atau lebih rendah 0,4 persen dari target yang ditetapkan, tak bisa diandalkan untuk membuka kesempatan kerja baru.

Dulu, setiap satu persen pertumbuhan diproyeksikan bisa menyerap antara 300-400 ribu tenaga kerja. Sekarang, satu persen pertumbuhan hanya bisa membebaskan sekitar 178 ribu jiwa dari jebakan pengangguran baru.

Kunci untuk meningkatkan kesempatan kerja adalah melalui pemberdayaan UKM. Menurut data Bank Indonesia, lebih dari 40 juta jiwa dari 210 juta lebih penduduk Indonesia menggantungkan harapan pada UKM. Saat ini ada lebih dari tiga juta UKM.

Program pemerintah yang mewajibkan BUMN menyisihkan satu hingga tiga persen keuntungannya untuk pemberdayaan UKM juga kurang maksimal. Akan lebih berdaya bila dana itu di-pool badan khusus. Dengan begitu, dana dari 158 BUMN akan lebih terarah.

Upaya lain yang bisa diandalkan adalah memobilisasi dana masyarakat melalui penggalangan wakaf tunai (cash waqf). Dana wakaf yang terhimpun bisa diinvestasikan, di mana hasilnya bisa digunakan untuk salah satunya membiayai UKM.

Pemulihan daya beli masyarakat akan terjadi tetapi berjalan secara perlahan (gradual). Namun, pemulihan ini bukan pemulihan yang signifikan sepanjang tingkat pengangguran di Indonesia yang masih tinggi dan tren tingkat pengangguran sejak krisis terus menunjukkan kenaikan. Apalagi, masyarakat masih akan merasakan kenaikan tarif listrik dan BBM yang cukup berarti pada dua-tiga tahun ke depan.RH (Berita Indonesia 12)***

Wajah Buram Pengangguran

Dalam kesempitan lapangan kerja, PHK jadi momok yang sangat menakutkan. Belum lagi upah yang sangat minim.

Pas-pasan: Gaji buruh belum mampu untuk mesejahterakanPertanda buruk menimpa Budisetiawan yang bekerja di PT Tamanielsi di Desa Kedaung, Depok, Jabar. Gaji pria beranak satu itu, awal tahun 2006, dipotong hampir separuh untuk alasan yang tidak jelas. Biasanya, Budi (22 tahun) menerima gaji penuh Rp 400.000 sebulan, tetapi setelah dipotong, hanya tersisa Rp 220.000. Tidak hanya Budi. Banyak karyawan lain yang menerima perlakuan serupa.

Tidak lama kemudian, malapetaka menimpa Budi dan ratusan rekan sekerjanya. Perusahaan yang bernaung di bawah PT Mercedes Benz itu menjatuhkan vonis PHK (pemutusan hubungan kerja) pada mereka. Budi dan rekan-rekannya masuk dalam barisan ratusan ribu pekerja yang di PHK tahun ini. Dan mereka juga menambah angka pengangguran yang sudah mencapai 40 juta lebih.

Ketika masih bekerja, keadaan rumah tangga Budi, istri dan seorang anaknya, baik-baik saja, walaupun menumpang di rumah mertua. Pasangan Budi dan Restiawati, menikah setahun lalu, dikaruniai seorang bayi yang berusia dua bulan. Setelah Budi di PHK, biaya keluarga ditanggung oleh istrinya yang bekerja di sebuah perusahaan aksesoris, bergaji Rp 700.000 sebulan.

Budi menganggur, tidak memiliki penghasilan. Sekarang dia menumpang hidup pada istrinya setelah lelah mencari pekerjaan ke sana ke mari.—“Sekarang, saya sedang nganggur mas. Tapi saya harus cari duit untuk menghidupi keluarga saya. Saya kerja apa saja, tetapi halal,” kata Budi kepada Amron dari Berita Indonesia.

Restiawati (21) menjadi tulang punggung suami dan orang tuanya. Sebab kedua-duanya menganggur. Ayah Restiawati, sebelumnya bekerja sebagai tukang ojek. Tetapi belakangan ini dia sakit-sakitan, terpaksa istirahat di rumah. Restiawati bekerja sebagai buruh PT Sewok yang memproduksi aksesoris kerang; seperti kalung, anting, kancing dan hiasan dinding. Barang-barang aksesoris ini diekspor ke Korea.

Beruntung Restiawati menerima upah bulanan yang cukup lumayan, Rp 700.000. Kalau lembur, upahnya Rp 50.000 per jam. Upah lemburnya akan lebih besar pada hari libur. Namun dia harus membanting tulang siang dan malam untuk menghidupi suami, anak dan orang tuanya.

Tiga pekerja lainnya—Jahrul Bayim (25), Bahruddin (25) dan Suherman (21)—Desember 2005 di PHK oleh perusahaan tempat mereka bekerja, PT Meta Nusa Indotama, juga terletak di komplek industri Kedaung, Depok. Mereka bekerja cuma tiga tahun di perusahaan itu.
Jahrul dan kedua rekannya yang bekerja di bagian packing (pengepakan), hanya bisa pasrah ketika mereka harus di PHK dengan alasan orderan sepi dan bahan baku mahal.

Selama bekerja di perusahaan itu, mereka sakit-sakitan karena setiap saat menghirup udara yang mengandung bau obat kimia. Bahan kimia ini digunakan untuk mengoles aksesoris rumah, seperti tirai.

Menurut Jahrul, mereka mengeluhkan sakit dada, dan tidak sedikit karyawan yang sering berobat ke rumah sakit, meskipun atas tanggungan perusahaan. Sebenarnya mereka ingin tetap bekerja di perusahaan tersebut, asalkan tidak menganggur. Namun mereka hanya bisa pasrah, ketika di PHK, dan mendapat uang pesangon dua bulan gaji. Gaji mereka rata-rata dari Rp 400.000 sebulan.

Jashrul, Bahruddin dan Suherman mengatakan kepada Berita Indonesia, sewaktu bekerja orangtua mereka merasa senang karena bisa menabung dan membantu biaya sekolah adik-adik mereka. Karena itu mereka berharap bisa mendapatkan kembali pekerjaan untuk membantu meringankan beban orang tua mereka.

Kehidupan buruh bagaikan potret buram. Upah yang diterima selalu tidak mencukupi kebutuhan hidup yang terus meningkat. Padahal jumlah mereka cukup besar, 25,5 juta dari 28,7 juta pekerja yang bekerja di sektor formal. Satu sen pun pertambahan upah harus mereka perjuangkan mati-matian.

Sukirno hanya bisa mengelus dada ketika setiap akhir bulan menerima gaji hanya Rp 600.000. “Tak apalah, yang penting bisa bertahan hidup,” katanya. Bagi buruh pabrik tekstil di kawasan Bogor Utara itu, setiap setelah menerima gaji, perasaannya selalu gusar karena harus menutup utang di warung dan selalu dibayangi defisit.

Dengan gaji sebesar itu, dia harus bisa mengatur pengeluarannya. Apalagi ongkos pergi dan pulang dari tempat kerja sudah naik. Dari gaji yang hanya Rp 600.000, dia harus mengeluarkan ongkos Rp 150.000 sebulan. Belum lagi untuk makan. Sukirno mengorek kantongnya Rp 10.000 sehari untuk makan. Padahal dia juga harus membayar rumah kontrakan bulanan. “Pokoknya sangat pusing mengaturnya,” katanya. AM,SH (Berita Indonesia 12)***

gejolak-buruh-dan-pengangguran-pisau-bermata-dua

Para buruh, jika tidak hati-hati melangkah, satu kaki mereka bisa terperangkap lubang PHK. Boleh jadi mereka bergabung di dalam barisan panjang penganggur. Badai aksi protes buruh sudah berlalu. Gelombang protes yang menentang revisi UU Ketenagakerjaan 13/2003 berlangsung dari akhir Maret sampai pekan pertama April—mengguncang berbagai kota di Jawa, seperti Surabaya, Semarang, Bandung dan Jakarta. Puncak amarah puluhan ribu buruh dilampiaskan di depan Istana Merdeka, Rabu siang (5/4/2006).

Pemerintah mendengarkan protes para buruh, menangguhkan revisi sampai adanya kesepakatan yang dicapai forum tripartit—wakil-wakil pemerintah, pengusaha dan buruh. Usulan revisi menyangkut lima hal; penentuan upah dialihkan ke pemerintah kabupaten/kota, aturan mogok kerja, penyesuaian pesangon dan masalah PHK, aturan kontrak pekerjaan (outsourcing) dan perizinan pekerja asing.

Para demonstran buruh yang mengamuk, merusak tanda-tanda lalulintas, marka jalan, dan pot-pot tanaman pecah berantakan. Akibat ulah mereka pemerintah DKI Jakarta menanggung kerugian material sampai Rp 700 juta lebih. Namun kemalangan itu tak seberapa dibandingkan dengan kerugian yang diderita sejumlah pabrik tekstil di Jawa Barat.

Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) menerima laporan kerugian senilai Rp 70 miliar dari sejumlah pabrik tekstil di Cimahi dan Batujajar, karena buruh-buruh mereka dipaksa mengikuti aksi demo, menghentikan mendadak mesin-mesin yang sedang berproduksi. Karena berhenti mendadak barang-barang yang ada di mesin rusak, dan pabrik kehilangan waktu produksi yang sudah dijadwalkan sehingga produktivitas mengalami penurunan.

Karena itu, API sedang menyiapkan gugatan hukum kepada serikat pekerja.
Puluhan ribu buruh yang turun serentak ke jalan di berbagai kota (4/4/2006), menolak revisi undang-undang yang dianggap melemahkan posisi buruh di hadapan majikan. Tak kurang dari 10.000 buruh, bergabung di dalam Aliansi Buruh Menggugat, dalam perjalanan dari Bundaran HI menuju Istana Merdeka, Jakarta, memaksa radio milik negara, RRI, untuk menyiarkan pesan-pesan mereka. Perwakilan buruh memaksa masuk, dan menyiarkan pesan mereka selama lima menit:“Kami akan tetap berdemo jika sampai 1 Mei revisi tidak dicabut”.

Reaksi Asosiasi Pengusaha Indonesia beragam menanggapi aksi buruh. Pucuk pimpinan Apindo Hasanuddin Rachman mengecam keras aksi yang dianggapnya tidak konstitusional itu. “Mereka bermasalah dengan pemerintah. Buruh boleh mogok bilamana perundingan tak berhasil menyelesaikan masalah dengan pengusaha.”

Para buruh menuntut agar hak-hak mereka dilindungiMeski tak berkaitan dengan protes melawan revisi UU Ketenagakerjaan, gelombang aksi buruh PT Maspion Group, akhir Februari lalu, telah melumpuhkan perusahaan elektronik terbesar di Indonesia itu. Mereka menuntut kenaikan upah. Namun perusahaan yang mempekerjakan 23.000 buruh ini terpaksa menghentikan produksinya. Nasib tragis menimpa Maspion lantaran tak mau membayar tambahan upah Rp 30.000 per bulan untuk setiap pekerja. Padahal gubernur Jawa Timur menetapkan bahwa UMK yang mulai berlaku Januari 2006 sebesar Rp 685.500, tetapi Maspion hanya mau membayar Rp 655.500.

“Langkah buruh menuntut kenaikan upah yang lebih besar janganlah anarkis,” kata Wapres Jusuf Kalla. Jusuf tidak ingin adanya pihak-pihak yang mengail di air keruh tatkala bangsa menghadapi kondisi yang berat seperti sekarang. Wapres menyampaikan keprihatinannya pada aksi buruh di depan kantor Gubernur Jatim yang berakhir dengan bentrokan. “Buruh boleh saja menuntut hak, namun harus menyadari, perusahaan mesti bisa bertahan,” kata Jusuf.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga mengingatkan bahwa solusi masalah perburuhan mesti mengacu pada tiga pilar; proteksi terhadap kesejahteraan dan hak-hak buruh, tumbuhnya dunia usaha, dan bangkitnya ekonomi nasional. Susilo menyampaikan pesan tersebut setelah memimpin pertemuan tiga pihak (tripartit) yang dihadiri Wapres dan 12 menteri, 11 pengusaha dan 30 wakil serikat buruh di Wisma Negara (7/4/2006).

Nasib draf revisi tersebut menurut Menko Kesra Aburizal Bakrie akan ditentukan oleh pertemuan antara wakil-wakil dari pemerintah, pengusaha dan serikat buruh dalam waktu dekat ini. “Jika forum memutuskan UU itu direvisi, masing-masing pihak mengajukan usulan perubahan,” kata Aburizal.

“Pembahasan tripartit mesti dimulai dari nol,” sambung Abdul Aziz, Ketua Serikat Pekerja BUMN. Nada tidak keberatan duduk bersama datang dari Ketua Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI), Rekson Silaban, “Asalkan pemerintah jujur dan adil di dalam merumuskan undang-undang tersebut”.

Pengangguran
Kondisi ketenagakerjaan Indonesia memburuk sejak awal krisis ekonomi tahun 1997. Angka pengangguran, terbuka dan terselubung, meningkat dari tahun ke tahun. Misalnya, tahun 2002, angkatan kerja 100,779 juta; bekerja 91,647 juta, penganggur terbuka 9,132 juta, penganggur terpaksa 28,869 juta. Empat tahun kemudian (2006) angka itu berubah menjadi; angkatan kerja 105,8 juta, bekerja 94.95 juta, penganggur terbuka 10.8 juta, setengah penganggur 29,64 juta, terdiri dari; sukarela 15.32 juta dan terpaksa 14,32 juta.

Mempejuangkan nasibDengan demikian kumulatif pengangguran meningkat dari 38 juta lebih tahun 2002 menjadi 40 juta lebih tahun 2006. Sedangkan pertumbuhan ekonomi tahun 2005 mencapai 5,01%, diharapkan meningkat menjadi 5,29% tahun 2006. Setiap satu persen pertumbuhan ekonomi bisa menyerap 400.000 tenaga kerja.

Selain pengangguran, masalah ketenagakerjaan juga dihadang oleh PHK dan ancaman PHK. Misalnya, PT Indofood Sukses Makmur tahun ini akan memberhentikan ( PHK) 3.500 pekerja dengan alasan efisiensi.

Sampai Oktober 2005, produsen makanan olahan itu telah memberhentikan 2.900 pekerja dengan pesangon Rp 130 miliar. Pengurangan pegawai di Indofood tahun 2005 antara 3.500 sampai 4.000 orang. Langkah pengurangan pekerja itu, memberi efisiensi Rp 80 milyar sampai Rp 100 miliar pada Indofood. Anehnya perusahaan milik Salim Grup ini tetap akan menerima pegawai baru, khususnya untuk sektor perkebunan dan pelayaran.

Departemen Tenaga Kerja mencatat tak kurang dari 109.382 pekerja di PHK selama tahun 2005. Angka ini bertambah dari 101.689 PHK tahun 2004, tetapi berkurang dari 135.920 PHK tahun 2003. Berdasarkan data tersebut, masalah buruh dan pengusaha seakan menjadi bom waktu yang bisa meledak setiap saat. Dita Indah Sari, Koordinator FNPBI mengatakan, hubungan buruh dan pengusaha tidak serta merta terselesaikan dengan revisi UU Ketenagakerjaan. Kata Dita, buruh hanya mencemaskan dua hal: PHK dan penyelesaian perselisihan.

Dia menolak pernyataan sejumlah ekonom bahwa kenaikan upah buruh akan menyumbang pengangguran sebesar satu persen. Buruh merupakan pekerja terbesar di sektor formal, berjumlah 25,7 juta orang. Dita menyangkal bahwa upah minimum bukan penyebab utama pengangguran. Dan pengangguran terkait dengan krisis ekonomi.

Anton Supit, Ketua Apindo memahami tuntutan buruh untuk memenuhi kesejahteraan mereka, tetapi yang bisa diberikan saat ini harus sesuai dengan dukungan ekonomi bangsa. “Tanpa kemampuan tersebut, makin hari makin terjadi PHK, industri tidak bisa bersaing dan jadilah pedagang,” kata Anton.

Anton mengakui bahwa masalah ketenagakerjaan menjadi hal pokok di dalam menggerakkan iklim investasi. Soalnya investor akan melihat normatif ketenagakerjaan Indonesia bagaimana, upah minimumnya membuat perusahaan bisa bersaing atau tidak. Namun apa yang dipersoalkan Dita dan Anton, meski dari sisi yang berlawanan, hanyalah satu faktor persoalan ketenagakerjaan.

Fakta yang tak terbantahkan bahwa angka pengangguran terus meningkat dari tahun ke tahun. Persoalannya apa yang harus dilakukan Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk mencegah meledaknya bom waktu pengangguran.SH (Berita Indonesia 12)***

Perbandingan UU No 13/2003 dan Usulan Revisi Pemerintah

* Pasal 59 UU No 13/2003 tentang perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) maksimum selama tiga tahun dengan jenis dan sifat pekerjaan tertentu. Usulan Perubahan: Maksimum 5 tahun dengan jenis dan sifat pekerjaan tanpa batasan. Apabila pekerja/buruh memutuskan kontrak sebelum berakhir waktunya, wajib mengganti rugi sebesar upah yang seharusnya diterima selama sisa kontrak yang belum dilaksanakan.
* 65 (2) tentang Pekerjaan yang dapat diserahkan kepada perusahaan lain harus memenuhi syarat-syarat:
a.Dilakukan secara terpisah dari kegiatan utama.
b.Dilakukan dengan perintah langsung dari pemberi
kerja.
c.Merupakan kegiatan penunjang perusahaan secara
keseluruhan.
d.Tidak menghambat proses produksi secara langsung. Usulan Perubahan: Semua jenis dan sifat pekerjaan boleh di-outsourcing.
* 78, Ketentuan sama. Usulan Perubahan: Tambahan: Pekerja/buruh yang menduduki posisi menentukan kerja lembur, tidak berhak mendapatkan upah lembur.
* 79 (d) Istirahat panjang selama 1 bulan bagi pekerja/ buruh yang telah bekerja 6 tahun.Usulan Perubahan: Dihapus
* 89 (2) Upah minimum diarahkan kepada Kebutuhan Hidup Layak (KLH). Usulan Perubahan: KHL dihilangkan
* 142 (2) Akibat hukum dari mogok Kerja yang tidak sah. Usulan Perubahan: PHK tanpa syarat
* 156 Uang pesangon maksimal 9 bulan upah. Usulan Perubahan: Maksimal 7 bulan upah
* 156 Uang penghargaan masa kerja untuk pekerja/buruh yang sudah bekerja 3-6 tahun mendapat 2 bulan upah. Usulan Perubahan: Untuk pekerja/buruh yang sudah bekerja 5-10 tahun mendapat 2 bulan upah
* 156 Penggantian perumahan besarnya 10% dari total uang pesangon, ditambah uang penghargaan. Usulan Perubahan: Hanya pekerja/buruh yang mendapat fasilitas perumahan
* 164 (3) PHK karena efisiensi perusahaan mendapatkan uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak sebanyak 2 X ketentuan. Usulan perubahan: Menjadi 1 X ketentuan bagi pekerja/buruh yang menerima upah di atas Rp 1 juta, atau yang melebihi Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) tidak berhak mendapat pesangon.

Jumat, 11 Maret 2011

Lagi, Laporan Korban Jiwa Tsunami di Jepang

Media-media yang dikutip AFP melaporkan jumlah korban jiwa akibat gempa dan tsunami di Jepang, Jumat (11/3/2011), mencapai 19 orang.

Korban-korban tewas antara lain warga yang tertimpa rumah-rumah runtuh di prefektur Ibaraki, timurlaut Tokyo.

Badan Kepolisian Nasional Jepang, yang bertanggung jawab mengumpulkan data dari seluruh pelosok negeri mengenai bencana alam, belum dapat mengkonfirmasi jumlah korban.

"Kerusakannya luar biasa besar sehingga perlu waktu untuk mengumpulkan data," kata pejabat badan tersebut.
Sebagian kota di Japang kini hancur karena gempa dan tsunami pada Jum'at (11/3/2011) menerjang wilayah tersebut.

Bahkan tsunami dari Jepang diprediksi akan menerjang wilayah Indonesia Timur sekitar 19.30 WIB atau 21.30 WIT namun dengan intensitas rendah di perairan Jayapura, Sorong dan Manukwari.

"Warning : diantisipasi kemungkinan bisa terdampak terkena biak dan irian + maluku. Mhn diwaspadai. (DRM HAMZAH LATIEF, Tim ahli Tsunami)," kata Staf Khusus Presiden, Andi Arief melalui twitternya @andiariefnews, Jumat (11/3/2011).

Dari informasi DR Hamzah Latief menyebutkan tingginya tsunami sekitar 50 cm sampai satu meter pada pukul 19.30 WIB atau 21.30 WIT.
pantai Jepang pada Jumat (11/3/2011), diduga menimbulkan sejumlah korban dan kerusakan.

Gempa besar yang menghantam lepas pantai Jepang itu berkekuatan 8,8 skala Richter, menurut Survei Geologi AS meralat penjelasan sebelumnya yang menyatakan gempa tersebut berkekuatan 7.9 SR.

Beberapa orang terluka setelah atap beberapa gedung yang sedang menyelenggarakan upacara kelulusan di Tokyo ambruk, menurut dinas kebakaran Jepang.

Seperti dilansir televisi NHK akibat gempa tersebut, Gelombang tsunami dilaporkan terjadi di Kota Onahama di wilayah Fukushima setinggi empat meter. Dan mengakibatkan kerugian besar.
gempa berkekuatan 6,6 Skala Richter, wilayah yang terkena di Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat, Jumat dini hari (11/3/2011), sekitar pukul 00.08 WIB.

Menurut informasi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika di Jakarta, Jumat, pusat gempa tersebut berada 7.12 Lintang Selatan (LS) dan 116.85 Bujur Timur (BT) dan tidak berpotensi tsunami.

Lokasi pusat gempa tersebut terletak sekitar 165 km barat laut Sumbawa Besar-Nusa Tenggara Barat, 180 km timur laut Mataram-Nusa Tenggara Barat.

Kemudian 181 km timur laut Taliwang-Nusa Tenggara Barat dan 225 km timur laut Singaraja-Bali serta berada pada kedalaman 523 km.

Disneyland Tokyo Terendam Air Akibat Tsunami

Lapangan parkir di taman hiburan "Tokyo Disneyland" terendam air dan dipenuhi banyak benda yang terseret air setelah gempa bumi berkekuatan 8,9 skala Richter, yang mengguncang pesisir Pasifik Jepang pada Jumat (11/3/2011), kata polisi.

Sebelumnya dilaporkan bahwa tsunami dapat menyebabkan terendamnya kawasan tersebut, namun polisi mengatakan fenomena yang terjadi karena pencairan tanah yang disebabkan oleh getaran kencang akibat gempa.

Terdapat 69.000 orang sedang berada di "Tokyo Disneyland" dan "Tokyo Disney Sea" yang berdekatan serta dibangun di kawasan Teluk Tokyo saat gempat terjadi, kata juru bicara di kantor polisi setempat di Urawa.

Tidak ada korban mengenai luka atau properti yang hancur di taman bermain itu, katanya kepada AFP.

"Para pengunjung sudah dievakuasi ke tempat yang aman namun banyak genangan karena pencairan di sekitar taman bermain tersebut," tandasnya.

Fakta Gempa dan Tsunami Terdahsyat Sejak 1900
Gempa bumi terkuat di Jepang mengguncang daerah pesisir timur laut negara itu dan memicu gelombang tsunami setinggi 10 meter yang menyapu apapun di atas tanah.

Berikut adalah fakta-fakta seperti dikutip Reuters mengenai 11 gempa bumi terdahsyat yang tercatat sejak 1900, dengan acuan kekuatannya (Skala Richter).

1. 22 Mei 1960 - Chile - gempa bumi sekuat 9,5 SR mengguncang Santiago dan Concepcion, yang lalu memicu gelombang pasang dan erupsi vulkanik. Sekitar 5.000 orang tewas, sedangkan 2 juta lainnya kehilangan tempat tinggal.

2. 28 Maret 1964 - Alaska - Sebuah gempa bumi yang memicu gelombang tsunami telah menewaskan 125 orang dan menimbulkan kerugian material senilai 310 juta dolar AS. Gempa berkekuatan 9,2 SR ini menerjang wilayah luas yang mencakup Alaska, sebagian wilayah Yukon dan British Columbia di Kanada.

3. 26 Desember 2004 - Indonesia - Gempa bumi berkekuatan 9,1 SR membanting Aceh, kemudian menimbulkan tsunami yang menewaskan 226 ribu orang di Sri Lanka, Thailand, Indonesia, India dan sembilan negara lainnya.

4. 4 November 1952 - Russia - Gempa bumi berkekuatan 9,0 SR disusul tsunami yang mencapai Kepulauan Hawaii di AS. Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini.

5. 11 Maret 2011 - Gempa bumi berkekuatan 8,9 SR menerjang Jepang dan menyebabkan banyak orang cedera, sementara sejumlah lainnya meninggal dunia. U.S. Geological Survey (BMKG-nya AS) memverifikasi bahwa gempat itu berada di kedalamam 15,1 mil (24 km) dan berlokasi di 81 mil arah timur Sendai yang berada di Pulau Honshu. Filipina, Taiwan dan Indonesia mengeluarkan peringatan tsunami, tersengat oleh kenangan tsunami raksasa yang melanda Asia pada 2004. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengeluarkan menyampaikan peringatan hingga sejauh Kolombia dan Peru di benua Amerika.

6. 27 Februari 2010 - Chile - Gempa bumi 8,8 SR dan tsunami di Chile menewaskan lebih dari 500 orang dan menyebabkan kerugian senilai 30 miliar dolar AS, sekaligus merubuhkan ratusan ribu rujmah dan merontokkan jalan raya dan jembatan.

7. 31 Januari 1906 - Ecuador - Gempa berkekuatan 8,8 SR menggucang pantai Ekuador dan Kolombia, lalu menimbulkan tsunami yang membunuh lebih dari 1.000 orang. Getaran gempa dirasakan sampai sejkauh San Francisco di utara dan wilayah barat Jepang.

8. 4 Februari 1965 - Alaska - Gempa bumi 8,7 SR memicu tsunami yang disebutkan mencapai 10,7 meter di Pulau Shemya.

9. 28 Maret 2005 - Gempa 8,7 meter mengguncang Sumatera yang diperkirakan menewaskan 1.300 orang, yang kebanyakan tinggal di Pulau Nias.

10. 9 Maret 1957 - Alaska - Gempa berkekuatan 8,6 SR menyapu Kepulauan Andreanof. Di Pulau Umnak, Gunung Api Vsevidof meletus setelah 200 tahun tidak beraktivitas, dan memicu gelombang tsunami setinggi 15 meter.

11. 15 Agustus 1950 - Tibet/India - Dua ribu rumah, kuil dan masjid hancur akibat gempa sekuat 8,6 SR. Daerah yang paling parah dilanda gempa adalah Cekungan Brahmaputra di timur laut India. Sekurang-kurangnya 1.500 orang tewas karena bencan ini.

Selasa, 08 Maret 2011

mesir-membara-obama-turun-tangan

Mesir Membara, Obama Turun Tangan – Berita Terbaru, Nasib pemerintahan Mesir terus digoyang dengan aksi para rakyatnya yang menuntut reformasi pada pemerintahannya. Aksi kerusuhan tak dapat dihindari lagi, para Massa memuncak di beberapa wilayah yang jumlahnya mencapai ribuan massa. Setelah melihat situasi yang semakin membara, nampaknya membuat Presiden Amerika Serikat, Barack Obama ingin berniat membantu untuk memecahkan solusi yang kini kian memanas. Obama menelepon Presiden Mesir Hosni Mubarak pada Jumat 28 Januari 2011. Perbincangan yang cukup lama itu, Obama meminta kepada Mubarak untuk mewujudkan semua janjinya yaitu reformasi.

“Saya baru saja berpidato dengan dia (Mubarak) setelah dia berpidato. Saya mengatakan, Mubarak harus mempertanggungjawabkan semua ucapan yang dikeluarkan dalam pidatonya dan mengambil langkah konkret untuk menuju demokrasi yang lebih besar dan reformasi ekonomi,” ujar Presiden Obama. Obama menelepon Mubarak setelah ia melakukan pidato di salah satu televisi nasional di Mesir. Ia menuntut Mubarak untuk segera merealisasikan ucapannya itu. Dalam pidato itu, Mubarak yang telah berkuasa selama 30 tahun itu berjanji akan melaksanakan reformasi.

Mubarak menyebut aksi demonstrasi yang kini sedang terjadi itu merupakan baigian dari mendestabilisasi Mesir. Dalam perbincangan telepon itu, Obama meminta Mubarak agar para pihak berwenang menahan diri dalam mengatasi demonstrasi besar-besaran yang baru pertamakali terjadi ini. Obama juga mengimbau para demonstran untuk berlaku damai. “Rakyat Mesir memiliki hak universal untuk berkumpul, berserikat, dan kebebasan berbicara,” kata Obama, Jumat malam.

Obama juga mengimbau agar pemerintah Mesir membuka kembali akses internet termasuk situs-situs jaringan sosial Facebook dan Twitter. Obama menilai, rakyat Mesir akan menentukan masa depan negaranya dengan berharap pada pemerintah yang jujur, adil, dan bertanggungjawab. Amerika siap membantu. “Amerika akan ambil bagian agar Mesir bisa mencapai tujuannya,” kata Obama.

Kamis, 03 Maret 2011

Lenovo LePad Akan Gempur Apple iPad

Liputan6.com, Jakarta: Perang antar komputer tablet telah dimulai. Perusahaan komputer asal China Lenovo yang telah mengakuisisi divisi PC IBM, kini mengembangkan produk LePad, untuk menyaingi iPad produksi Apple.

LePad buatan Lenovo akan membuktikan bahwa perusahaan-perusahaan Cina akan melakukan ‘perang’ serius dengan produsen sejenis yang sudah menguasai pasar dunia saat ini. LePad yang dijadwalkan akan diluncurkan bulan Maret ini kemungkinan besar akan mampu menggeser pamor iPad.

LePad, namanya mungkin berubah saat didistribusikan di luar China, adalah komputer tablet pertama dari Lenovo yang menggunakan sistem operasi Android. Perangkat ini pertama kali diperkenalkan pada 2010, namun ketika itu masih menggunakan Linux. LePad memiliki layar 10.1 inci dengan sistem operasi Android 2,2 keluaran Google dan prosesor 1,2 GHz Qualcomm Snapdragon.

BlackBerry Akan Pasang Android

Liputan6.com, Jakarta: Pembuat BlackBerry, Research in Motion (RIM) kabarnya akan mengumumkan strategi baru mereka untuk mendukung aplikasi yang dibuat untuk Android. Laporan tersebut dimuat dalam harian terbitan Inggris Telegraph.

Sebelumnya, Bloomberg melaporkan RIM sedang menyiapkan agar tablet Playbooknya kompatibel dengan 130 ribu aplikasi Google Android.

Pada kongres mobile dunia, pembuat peranti lunak Myriad memamerkan peranti lunak Alien Dalvik yang bisa membuat Android berjalan pada platform lain.

Aplikasi ShopSavvy dalam blognya menulis "Seseorang di markas RIM, Waterloo, Ontario, telah menjalankan Shopsavvy untuk android di berbagai peralatan BlackBerry."

Menurut ShopSavvy, BlackBerry 8300, 8600 dan 8520 dapat menggunakan ShopSavvy tahun ini. "Terobosan ini masuk akal karena BlackBerry OS dapat mendukung Java Virtual Machine dan cukup mudah memasukkan Android. Kami gembira jika dapat mengoptimalkan aplikasi ShopSavvy pada BlackBerry plus Android baru," demikian pernyataan ShopSavvy.

Meskipun BlackBerry menuai ulasan positif untuk tablet terbarunya Playbook 7, tapi kurangnya aplikasi yang tersedia dapat menghambat perkembangannya.

Playbook akan makin meramaikan pasar tablet. Apple akan mengumumkan iPad terbaru pada 2 Maret, dan Motorola telah meluncurkan tablet Xoom berbasis Google Android Honeycomb di Amerika Serikat.

Cari Pasangan Lewat GPS

Liputan6.com, Washington: Sekitar 17 persen pasangan di Amerika Serikat bertemu melalui internet. Teknologi terbaru yang digunakan untuk memuluskan perjodohan adalah GPS atau global positioning system. Alat yang biasanya digunakan untuk petunjuk jalan ini, sekarang digunakan untuk mencari pasangan hidup.

Brian Gettleman, misalnya. Pria ini mempunyai aplikasi GPS di dalam telepon selulernya. Saat jalan-jalan tiba-tiba telepon Brian berdering dan menunjukkan ada wanita cantik di cafe yang sama. "Ternyata ia di lantai bawah dan mengajak berkenalan," kata Brian.

Dua tahun setelah pertemuan yang difasilitasi GPS itu, Brian melamar wanita itu saat bertanding ke Paris, Prancis. Namun, cara berkencan melalui GPS harus memperhatikan faktor keamanan. Ini untuk menghindari orang jahat mengetahui lokasi pertemuan. Karena itulah para perancang GPS kencan menyediakan pengamanan khusus.(

Michelle Obama Larang Anaknya Main Facebook

Liputan6.com, Jakarta: Ibu negara Amerika Serikat Michelle Obama baru-baru ini sedang memperbincangkan usahanya dalam memerangi obesitas pada anak-anak di Amerika Serikat.
Namun secara tidak sengaja, dia mengungkapkan untuk membatasi puteri tercintanya berInternet terutama mencari teman di Facebook.

Sasha yang berusia 9 tahun dan kakaknya Malia yang berumur 11 tahun dilarang untuk bermain Facebook. Michelle mengakui melarang putrinya main facebook adalah memang idenya. Dalam sebuah wawancara "Today Show" pada Rabu (9/2), ibu negara itu yakin bahwa umur kedua anaknya masih terlalu dini untuk mengenal bahaya dari Facebook dan dia tidak ingin kedua putrinya menjadi bagian dari laman jejaring sosial terbesar itu.

Menurut Michelle, keputusannya itu tidak ada hubungannya dengan aturan di Gedung Putih. Meskipun tidak berada di gedung putih, dia tetap akan menerapkan keputusannya tersebut.
Saat ini Facebook "Tidak" untuk putri-putri Obama tersebut. Mereka baru boleh punya Facebook ketika sudah dewasa dan dapat mengambil pilihannya sendiri. Itu pun jika Facebook masih bisa bertahan.

Ibu Negara AS ini tampaknya 'tegas' dalam menerapkan aturan di dalam keluarganya. Saat ini pun presiden Obama "takut' untuk merokok di depan ibu negara lantaran Michelle tidak pernah melihatnya merokok setahun ini dan tentunya kedua putrinya tidak boleh punya Facebook. Ada pengawasan ketat disana, tulis laporan di www.etidbits.com.

HP Luncurkan Komputer Tablet "TouchPad"

Liputan6.com, San Francisco: Hewlett-Packard Co. (HP) telah meluncurkan komputer tablet berlayar sentuh pertamanya yang diberi nama TouchPad di San Francisco, AS, demikian yang dilansir Xinhua, Kamis (10/2). CEO Palm, Jon Rubinstein mengatakan, TouchPad akan segera beredar di pasaran mulai musim panas ini, namun rincian harga belum resmi diumumkan.

Gadget berwarna hitam dengan layar sentuh berukuran 9.7 inci itu sudah menjalankan sistem operasi webOS yang dikembangkan oleh Palm, si pembuat smartphone yang diakuisisi oleh HP pada April tahun lalu.

Sistem operasi webOS versi tablet ini sudah dilengkapi fitur-fitur termasuk sistem notifikasi yang dapat muncul seketika dari atas layar, aplikasi multitasking "desk", keypad QWERTY di layar yang mudah diatur, dan fitur terbaru "touch-to-share" yang dapat digunakan pengguna untuk berbagi halaman Web dengan sesama pengguna webOS smartphone secara cepat yang jaraknya berdekatan.

TouchPad yang memiliki berat 740-gram dan tebal 13.7-mm itu juga menawarkan prosesor canggih 1.2 GHz dual-core Qualcomm "Snapdragon", jaringan opsional 3G, Wi-Fi, Bluetooth dan penyimpanan memori 16GB atau 32GB. Selain itu, gadget ini sudah termasuk kamera webcam depan 1.3MP yang dapat digunakan untuk video calling, sistem audio "Beats Audio, sensor gerak, dan sambungan port microUSB.

Facebook Bisa Membuat Penggunanya Stress

Liputan6.com, London: Para pengguna Facebook dengan lebih banyak teman menderita stres dan neurotic limbo karena perasaan mereka sendiri untuk harus terus memperbarui status dan menyenangkan "penonton" mereka yang besar.

Pendapat itu berdasarkan riset baru di Edinburgh Napier University, seperti diberitakan Telegraph. Namun, para pakar psikologi Internet sangsi dengan klaim itu, mereka mempertanyakan metodologi penelitian.

Para peneliti mengumpulkan jawaban survei online dari 175 mahasiswa mengenai perasaan mereka terhadap Facebook. Hampir sepertiga responden adalah perempuan. "Kami menemukan itu benar-benar dialami mereka yang memiliki kontak terbanyak, mereka yang paling banyak mencurahkan waktunya di situs itu, yang paling cenderung menjadi stres," kata Dr Kathy Charles, pemimpin penelitian.

"Itu seperti menjadi saluran berita mengenai diri anda sendiri. Lebih banyak orang yang anda miliki anda lebih merasa ada penonton. Anda hampir merupakan selebritis mini dan dengan penonton lebih besar lebih banyak tekanan yang anda rasakan untuk menghasilkan sesuatu mengenai anda sendiri."

Sebanyak 12 persen responden mengatakan Facebook membuat mereka merasa cemas. Mereka rata-rata memiliki 117 teman di situs itu, dibandingkan mereka yang rata-rata memiliki 75 teman dari sisa siswa. Dari keseluruhan sampel, 63 persen mengatakan mereka menunda permintaan teman baru. "Kebanyakan juga mengatakan kepada kami mereka cemas mengenai menarik diri dari situs itu karena takut kehilangan informasi sosial penting atau menyinggung kontak," kata Charles.

Eleanor Barlow, seorang managing consultant yang mengkhususkan diri pada psikologi cyber di IBM, mengatakan klaim itu menarik, tetapi tidak harus diterapkan kepada populasi lebih luas di Facebook. "Para siswa sering menggunakan Facebook dalam cara yang agak berbeda dari sebagian dari kita," dia menjelaskan. "Mereka mengeksplorasi identitas mereka pada masa itu, termasuk secara online."

"Seperti berjudi, Facebook mempertahankan para pengguna dalam neurotic limbo, tidak mengetahui apakah mereka harus bertahan di sana untuk berjaga-jaga mereka ketinggalan sesuatu yang bagus."

Gara-gara Aktif di Facebook, Biarawati Diusir

Liputan6.com, Toledo: Seorang biarawati di sebuah biara di Spanyol diusir setelah 35 tahun mengabdi. Pasalnya, ia dianggap terlalu aktif bermain Facebook hingga memiliki teman sekitar 600 orang.

Seperti dilansir situs Cnet.com, biarawati tak bernasib baik itu bernama Maria Jesus Galan yang berasal dari biara Santo Domingo el Real di Toledo, Spanyol. Biara tersebut memang dikenal sebagai tempat introspektif yang melarang para biarawati tak terlalu banyak untuk menjalin kontak dengan dunia luar.

Maria sendiri mengaku bermain Facebook hanya untuk berkomunikasi dengan teman-temannya dan digunakan untuk menyebarkan kabar baik. Ia juga memiliki ide untuk mendigitalkan arsip biara Dominika sejak komputer diperbolehkan masuk biara pada 2001 silam.

Pemerintah lokal pun memuji aktivitas Galan di dunia maya. Karena itulah akhirnya akun Maria di Facebook makin populer. Selain itu, Maria juga memanfaatkan Internet untuk melakukan hal-hal lain seperti online banking sehingga para biarawati tak perlu lagi sering melakukan perjalanan ke kota.

Namun, ternyata, pihak biara menanggapi secara berbeda. Kini ia resmi meninggalkan biara tersebut dan tinggal bersama ibunya. Menurut laporan, banyak sesama teman biarawati di tempatnya merasa geram dengan kebiasaan Maria berinternet-ria. Akhirnya mereka mendorong pihak biara agar mengeluarkan Galan. Pihak biara hingga saat ini menolak untuk berkomentar mengenai masalah ini.

Banyak teman Facebook-nya menyayangkan kejadian ini. Mereka tak tinggal diam dan membuat page yang memprotes perlakuan yang diterima Maria.

iPhone Terbaru Lebih Murah dan Mungil?

Liputan6.com, Los Angeles: Apple tengah merancang iPhone terbaru yang memiliki bentuk lebih mungil dan murah. Ini dalam upaya melawan pesaing terbarunya dari handset Google, Android.

Seperti dilansir situs Xinhua, belum lama ini, gadget atau peranti bergerak berprototipe lebih kecil ini disebut sebagai iPhone Mini oleh beberapa media dengan ukuran setengah dari iPhone 4. Bahkan, sepertiga lebih kecil tanpa tombol home di bagian depan. Telepon seluler (ponsel) cerdas ini dikabarkan akan dijual lebih murah dengan harga setengah dari gadget terlarisnya, iPhone 4.

"Apple akan menjualnya dengan harga murah terutama karena smartphone ini akan menggunakan prosesor, display dan komponen lain yang serupa dengan yang digunakan dalam model saat ini, daripada model pricier, serta dilengkapi bagian-bagian yang lebih maju pada iPhone berikutnya ini," demikian pernyataan yang dikutip dari artikel Bloomberg.

Namun, hingga saat ini belum jelas kepastian waktu peluncuran Apple ke pasar. Beberapa media memprediksi gadget itu akan dirilis bersamaan peluncuran iPhone 5 pada musim panas mendatang.

iPad Berencana Luncurkan Komputer Tablet Terbaru

Liputan6.com, Jakarta: Apple Inc diperkirakan akan meluncurkan iPad terbaru pada 2 Maret mendatang. Berita ini bertentangan dengan spekulasi yang beredar bahwa peluncuran komputer tablet populer itu akan tertunda.

Seorang sumber internal mengatakan spekulasi peluncuran iPad molor hingga Juni jelas tidak benar. Rencana peluncuran sama dengan jadwal peluncuran iPad sebelumnya. iPad pertama kali dijual pada April 2010. Apple disebut-sebut akan menyelenggarakan peluncuran itu pada 2 Maret. Saat dikonfirmasi ke Apple, mereka menolak berkomentar.

Saham Apple turun 3 persen setelah pialang dari Taiwan, menyebut bahwa peluncuran iPad 2 tertunda lantaran pabrik pembuatnya, Hon Hai, mengalami hambatan terkait desain baru perangkat itu. Namun analis tidak mengambil pusing laporan itu, karena Apple selalu menaati rencana peluncuran produknya. "Apple memiliki track record yang sangat konsisten," kata analis Daniel Ernst dari Hudson Square Research.

iPad adalah perangkat teknologi paling keren pada 2010, perangkat itu telah terjual hampir 15 juta unit. Akhirnya, vendor lain tertantang untuk membuat perangkat peniru sebagai saingannya. Lebih dari 50 juta tablet akan dijual tahun ini dan Apple akan meraup bagian besar dari pasar.

Komputer Super Mini Berukuran 1 Milimeter

Liputan6.com, Michigan: Perusahaan perangkat lunak Amerika Serikat Boffins meluncurkan komputer terkecil, hanya berukuran satu milimeter. Seperti diwartakan newslite, Sabtu (26/2).

komputer terkecil di dunia berisi sebuah mikroprosesor ultra berdaya rendah, sensor tekanan, memori, baterai super tipis. Selain itu, komputer ini juga dilengkapi dengan sel surya, wireless dengan antena yang dapat mengirimkan data ke pembaca eksternal.

Tim peneliti dari Universitas Michigan, Amerika Serikat, mengatakan, "meskipun ini adalah komputer super mini di dunia, tapi perangkat dalam komputer ini sangat mengesankan. "Karya kami sangat unik. Kami memikirkan tentang sistem lengkap di mana semua komponen berdaya rendah sesuai ketika dipasangkap pada chip komputer. Kita bisa mengumpulkan data, menyimpannya dan mengirimkannya. SEeluruh aplikasi pada sistem ini tidak terbatas. "Ini adalah sistem pertama komputasi berskala milimeter lengkap," kata Profesor Dennis Sylvester.

Saat ini komputer mini ini digunakan untuk aplikasi pada sistem medis. Penggunaan komputer ini difokuskan pada tekanan monitor yang dirancang untuk ditanamkan dalam mata agar bisa melacak penyebaran glaukoma, sebuah penyakit yang berpotensi membutakan. Namun suatu hari nanti, teknologi komputer mini ini bisa digunakan untuk melacak polusi, memonitor integritas struktural, serta melakukan pengawasan, atau membuat setiap obyek dapat dilacak. Tentu saja, selama komputer ini tidak hilang tidak hilang

Mercedez Benz Klaim Kuasai Pangsa Mobil Mewah

Liputan6.com, Jakarta: Mercedes Benz mengklaim sebagai penguasa pasar mobil mewah di Indonesia pada tahun 2010. Total� pasar mobil mewah Indonesia tahun 2010� sebesar 5.327 unit dan Mercedes Benz berhasil merebut 67,4 persen� atau berhasil menjual 3.590 unit mobil kelas premium. "Tahun 2010 telah menjadi tahun paling sukses bagi Mercedes Benz, tidak hanya di mobil premium tetapi juga di kategori kendaraan komersial di mana produk-produk kami meraih prestasi mengagumkan," kata Rudi Borgenheimer, Presiden Direktur Mercedes-Benz Indonesia di� Jakarta, Senin (14/2).

Mercedes Benz juga mencatat menjual 786 kendaraan kategori niaga selama 2010. Angka ini baik 70 persen dari tahun 2009.� Mercedes Benz merebut 53,4 persen pasar di segmen bus Indonesia pada tahun lalu. Sementara penjualan truk yang pada 2010 mencapai 310 unit, meningkat jauh dari tahun 2009 yang hanya berhasil menjual 100 unit truk.

Honda Tarik 700 Ribu Mobilnya

Liputan6.com, Tokyo: Perusahaan otomotif Jepang Honda menarik 700 ribu mobilnya dari pasaran di seluruh dunia. MSNBC mewartakan Kamis (17/2), mobil yang ditarik adalah mobil jenis Freed dan City, 167 ribu di Jepang, 156 ribu di Cina, serta 233 ribu di seluruh Asia

Penarikan ini terjadi akibat masalah mesin pada kedua jenis mobil ini. Sebuah pegas ditempatkan tidak stabil dalam sebuah kotak kecil di dalam mesin. Akibatnya, mobil pun menjadi mogok.

Beberapa konsumen Honda mengeluhkan masalah ini. Di Jepang, setidaknya terdapat 72 pengaduan. Selain itu, 29 pengaduan dari luar negeri pun dilaporkan. Beruntung, masalah mesin ini tidak menimbulkan korban jiwa.

Bertone B99, Jaguar Masa Depan

Liputan6.com, Jenewa: Rumah desain Italia, Berton dan Jaguar akhirnya merilis konsep model gabungan terbaru mereka yakni Jaguar Bertone B99 yang rencananya akan dirilis dalam acara Geneva Auto Show 2011 mendatang. Gambar konsep resmi bergaya tradisional ini dirilis melalui media Jerman, Auto Bild, baru-baru ini.

Sedangan media Inggris Autocar juga merilis dengan versi full dan menyertakan hasil wawancaranya dengan bos perusahaan desain Italia itu yakni Mike Robinson. "Jaguar sepertinya tengah mencari arah desain baru dan memproduksi mobil yang lebih kecil. Jadi kami merilis desain ini dengan gaya yang sangat cocok," ucap Mike kepada Autocar.

Menurut laporan Autocar, konsep Bertone ini dikerjakan secara bersama setelah kepala desain Jaguar Ian Callum mengadakan pertemuan dengan Mike. Dan akhirnya pihak Jaguar pun menyetujui konsep ini dan segera merilisnya ke media.

B99 ini relatif kompak, dengan panjang 181 inci, tinggi 53 inci dan lebar 77 inci. Beberapa media Eropa juga melaporkan konsep Jaguar kecil ini disiapkan untuk menyaingi BMW Seri 3 dan Mercedes-Benz C-Class. Tak hanya B99, Jaguar juga berencana untuk memperkenalkan sebuah sedan kompak entry-level pada 2013-14

Ilmuwan Kembangkan Mobil Tanpa Setir

Liputan6.com, Jakarta: Pernahkah anda membayangkan di masa depan manusia tidak perlu duduk di depan setir mobil untuk melajukan kendaraan, namun hanya duduk diam dan mengendalikan kendaraan dari pikiran kita. Kini sejumlah ilmuwan Jerman telah mengembangkan kendaraan yang dapat digunakan tanpa perlu disetir. Cukup otak pengemudi yang menentukan arah dan kendaraan itu bergerak sesuai keinginan.

Pengemudi mengenakan headset khusus seperti yang dirancang untuk video games. Headset ini memiliki sensor-sensor dan terhubung dengan peralatan eletronik kendaraan secara nirkabel. Otak pengemudi hanya perlu "berpikir" seperti :"belok kiri", "belok kanan" dan tambah kecepatan.

Peralatan bernama BrainDriver bekerja dengan mendapat masukan dari berbagai video kamera di kendaraan, radar-radar dan sensor-sensor. Pasokan data tersebut dapat memberikan pemandangan 3 dimensi terhadap sekeliling mobil.

Headset khusus terdiri dari 16 sensor yang bertugas menangkap sinyal-sinyal elektromagnetik otak. Sinyal itu diterjemahkan komputer. Dalam uji coba, pengemudi bisa mengarahkan kendaraan belok kiri maupun kanan meski ada sedikit jeda antara waktu memberikan komando dengan gerak kendaraan.

Dalam tes ke-2, kendaraan itu "dilatih" untuk bisa mengenali belok kiri, belok kanan, ditambah menekan gas dan rem. Proyek itu dilakukan oleh tim AutoNOMOS, salah satu unit dari Artificial Intelligence Group yang dimiliki Freie Universit�t di Berlin.
Para peneliti mengakui karya mereka ini baru sebatas konsep dan "masih jauh dari teknologi mengendalikan mesin

Daihatsu dan Toyota Berencana Produksi Mobil Murah

Liputan6.com, Tokyo: Produsen otomotif Jepang, Daihatsu berencana memproduksi mobil berharga murah di Indonesia pada 2013 untuk dijual di pasar Asia Tenggara, demikian sumber di Toyota melaporkan.

Berkaca dari keahliannya dalam memproduksi mobil kecil mungil, Daihatsu berencana mengembangkan kendaraan hemat BBM di Indonesia dan memasuk 70 persen produksinya untuk dijual di bawah brand Toyota, lapor sumber tersebut kepada koran Nikkei.

Mobil murah ini rencananya dengan harga berkisar 900 ribu yen (sekitar Rp96 juta) --
Kendaraan baru ini akan sedikit lebih kecil dibandingkan Etios, sedan kecil strategis yang diluncurkan Toyota di India tahun lalu.

Daihatsu yang memiliki pabrik di Jakarta mampu merakit 280 ribu kendaraan per tahun itu berencana menginvestasikan 20 miliar yen untuk membangun pabrik baru yang akan memiliki kapasitas tahunan awal 100 ribu unit, demikian tulis koran Nikkei. Toyota dan Daihatsu adalah produsen otomotif terbaik pertama dan kedua di Indonesia, dan menguasai 53 persen pangsa pasar.

Toyota Produksi Mobil Murah 2013

Toyota Produksi Mobil Murah 2013

Artikel Terkait

* Proyek Mobil Listrik Dipertanyakan
* Porsche Andalkan Panamera Hibrida
* Volvo Gebrak Pasar dengan Diesel Hibrida

16/02/2011 19:17
Liputan6.com, Tokyo: Daihatsu, anak perusahaan produsen otomotif Jepang, Toyota, akan memproduksi mobil berharga murah di Indonesia pada 2013. Mobil tersebut bakal dijual di pasar Asia Tenggara, seperti ditulis Nikkei, Rabu (16/2).

Berkaca dari keahliannya dalam memproduksi mobil kecil mungil, Daihatsu berencana mengembangkan kendaraan hemat BBM di Indonesia. Mereka juga akan memasuk 70 persen produksinya untuk dijual di bawah brand Toyota.

Mobil tersebut dijual paling mahal 900 ribu yen (US$ 10.750 atau sekitar Rp 96 juta). Jika terwujud ini menjadi mobil Toyota termurah di pasar global.

Kendaraan baru itu akan sedikit lebih kecil dibandingkan Etios--sedan kecil strategis yang diluncurkan Toyota di India tahun kemarin.

Daihatsu yang memiliki pabrik di Jakarta mampu merakit 280 ribu kendaraan per tahun. Perusahaan itu berencana membelanjakan 20 miliar yen untuk membangun pabrik baru yang memiliki kapasitas tahunan awal 100 ribu unit.

Toyota dan Daihatsu adalah produsen otomotif terbaik pertama dan kedua di Indonesia. Mereka menguasai 53 persen pangsa pasar. Bulan lalu Daihatsu mengumumkan akan menarik pasar Eropa dalam dua tahun ke depan karena merugi.

Bocah Tewas Usai Konsumsi Minuman Kemasan

Liputan6.com, Medan: Suasana duka terus menyelimuti keluarga di Jalan Menteng, Medan, Sumatra Utara, menjelang pemakaman Salefi Natalia Dachi, Rabu (16/2). Ibu korban Raeta Daeli yang terus menerus duduk di sisi jenazah masih terlihat belum bisa menerima kematian putrinya yang begitu mendadak.

Bocah berusia tujuh tahun itu, tewas setelah minum minuman kemasan yang dijual di warung. Ada dugaan korban meninggal karena keracunan minuman tersebut.

Untuk memastikan penyebab kematian korban, pihak Dinas Kesehatan Kota Medan mengambil sampel minuman berwarna merah yang terakhir kali dikonsumsi korban. Berdasarkan pemeriksaan tim medis saat merawat korban, ditemukan kandungan racun di dalam tubuh bocah malang tersebut. Namun penyebab pasti kematian korban baru bisa diketahui setelah ada hasil penelitian dari Diinas Kesehatan setempat.(IAN)

Habib Rizieq: Islam Tak Menolak Pluralisme

Islam Habib Rizieq Shihab menyatakan, Islam tidak pernah menolak pluralisme sepanjang tidak mencampuradukkan ajaran Islam dengan ajaran lain. "Islam sangat toleran, sangat jelas mengajarkan bagaimana menghargai orang lain. Islam tidak menolak pluralitas, kemajemukan, keberagaman. Yang penting jangan mencela ajarannya, Alquran dan keyakinannya," katanya saat membawakan khotbah Jumat di Masjid Al-Markaz Al-Islami, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (18/2).

Kendati demikian, ia mengemukakan jika pluralisme bukan lahir dari agama Islam, sehingga haram hukumnya bagi umat Islam untuk mengikutinya. "Islam selalu menghargai agama lain, bahkan Yahudi. Tetapi kalau Ahmadiyah baru ada, dan hanya menjiplak agama Islam," ucapnya. Ia pun meminta ketegasan pemerintah membubarkan Ahmadiyah di Indonesia, apa pun risikonya karena sama sekali berbeda dengan ajaran Islam.

Habib berada di Makassar untuk menghadiri Musyawarah Besar FPI Sulsel, yang akan menetapkan kepengurusan baru. Sejumlah anggota FPI terlihat memadati aula lantai I Al-Markas, tempat musyawarah besar atau mubes berlangsung. Hanya saja, Ketua FPI Sulsel Habib Muchsin Ja`far al Habsy, belum mau memberikan keterangan dengan alasan dirinya ketua demisioner yang tidak punya wewenang.

Selain menghadiri mubes, Habib akan memenuhi undangan tablig akbar yang digelar Forum Umat Islam (FUI) Bulukumba sekaligus meresmikan FPI setempat. Adapun sebelumnya, pengikut Ahmadiyah di Makassar, menyatakan tidak khawatir soal rencana kedatangan Habib Rizieq. Juru bicara Ahmadiyah Makassar Muh. Muhtiar Ahmad mengatakan siapa pun bebas berkunjung ke kota ini selama memberi kebaikan dan tidak mengganggu orang lain

Anggota DPRD PKS Coba Sogok Wartawan

Liputan6.com, Gorontalo: Anggota DPRD Kota Gorontalo asal Partai Keadilan Sejahtera Darmawan Duming yang kepergok berada di lokasi perjudian, coba menyogok sejumlah wartawan. Upaya suap yang dilakukan di sebuah rumah makan itu diam-diam direkam wartawan dengan kamera tersembunyi, baru-baru ini.

Dalam rekaman kamera tersembunyi, terdengar dialog Darmawan Duming dengan sejumlah wartawan. Dia membujuk wartawan agar tidak menyiarkan gambar penggerebekan judi Jumat petang, saat dirinya kepergok berada di lokasi tersebut. Bujukan itu seperti ancaman yang disampaikan secara halus kepada para wartawan.

Di bagian akhir gambar, tampak wartawan mengumpulkan uang yang ditinggalkan Darmawan. Lalu uang tersebut diserahkan kepada seorang rekan untuk dikembalikan ke Darmawan.

Seperti diberitakan, Darmawan kepergok sedang berada di lokasi perjudian di Kelurahan Liluwo. Dia berada di sana ketika personel Polres Gorontalo menggerebek lokasi tersebut. Kendati begitu, polisi tak menangkap pelaku, termasuk Darmawan. Sejauh ini polisi masih enggan memberikan keterangan terkait penggerebekan dengan alasan masih dalam penyelidikan [baca: Berjudi, Anggota DPRD dari PKS Ditangkap].

Korban Bus Tri Sakti Jadi Sebelas Orang

Liputan6.com, Temanggung: Korban kecelakaan bus Tri Sakti yang terjun ke jurang sedalam 15 meter di kawasan di Desa Gemawang, perbatasan Temanggung-Semarang, Jawa Tengah, Senin (7/2) malam, bertambah menjadi sebelas. Hingga Selasa dini hari, kesebelas korban masih berada di kamar jenazah Rumah Sakit Umum Daerah Temanggung.

Dari sebelas korban, tujuh orang telah bisa diidentifikasi. Tim medis kesulitan kesulitan mengidentifikasi karena kondisi tubuh korban yang rusak parah. Sekitar 34 korban selamat masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Djojo Negoro Temanggung, Rumah Sakit Jiwa Dokter Soeroyo Magelang, Rumah Sakit Tentara Magelang, dan Rumah Sakit Tidar Magelang. Sebagian besar korban mengalami luka patah tulang akibat tergencet badan bus.

Kecelakaan maut terjadi lantaran bus berkapasitas 65 penumpang itu melaju dengan kecepatan tinggi menyenggol truk pasir datang dari arah berlawanan. Bus oleng hingga terguling dua kali dan menghantam pohon mahoni di lereng jurang
Selamat Datang di Facebook - Masuk, Daftar atau Pelajari Selengkapnya
Facebook membantu Anda terhubung dan berbagi dengan orang-orang dalam kehidupan Anda.
Mendaftar
Gratis, sampai kapan pun.
Saya seorang:
Tanggal Lahir:
Terjadi kesalahan. Silakan coba lagi.
Buat Halaman untuk selebriti, grup musik, atau bisnis.
4share Download Pemandangan Taman | Free Download Music

Free Download Music Music 4shared – Free Mp3 downloads! Free Mp3 Downloads – Free Music Downloads | Free Download Music , Mp3 and Song

Free Music Download Website for 4share Download Pemandangan Taman

Pendiri Yahoo Sejarah Sekilas Ternyata Imigran Taiwan INSICO


Rumah Tinggalnya Dibeli Seharga 19 Juta Dolar AS Terletak Di Los Altos Kawasan Barat San Jose Dengan Lima Kamar Tidur Dan Pemandangan Ke Arah Teluk San Fransisco Meski Demikian Ia Tak Lupa Pada Almamaternya More Free Music 4Share Download >>

Related : Pendiri Yahoo Sejarah Sekilas Ternyata Imigran Taiwan INSICO

Si Kidal Tell Her Story Perjalanan X Berapa Jauh Tppemandangan


Perjalanan X Berapa Jauh Tppemandangan Ttp Luas Hari Ni Blk Rumah Dr Bus Stop Depan Jalan Kakipnye La Jauhmasa Unggu Kt Petrol Pam 7 Eleven Kt Dpn Tuibu X Smpai2ape Lgjalan Kaki Je Lamalas Nk Tunggu2time2 Jalan Ttu Sempat La Snap Gmbar 23 Kepingbr Aku Sedarchantek Jgk Landscape Taman Perumahan Aku Niklau Naik Ketammg X Pndang Kiri Kanan Pn Masa Jalan Kaki Tu Pandang Jgk Kiri Kanantakut Jgk Klau Ade Anjing Mengekor Dr Belakang Keanjing More Free Music 4Share Download >>

Related : Si Kidal Tell Her Story Perjalanan X Berapa Jauh Tppemandangan

Keindahan Alam Indonesia Epangawang


Taman Nasional Komodo TN Komodo Merupakan Kawasan Yang Terdiri Dari Beberapa Pulau Dengan Perairan Lautnya Pulaupulau Tersebut Merupakan Habitat Satwa Komodo Varanus Komodoensis Yaitu Reptil Purba Yang Tersisa Di Bumi Music Myspace Comments MyNiceProfilecom Tukar Linkcopy Pastecodehtmlsolarsedayu Free Software Download Access Tukar Linkcopy Pastecodehtmlsolarsedayu Free Software Download Access Get 4Shared Premium More Free Music 4Share Download >>

Related : Keindahan Alam Indonesia Epangawang

Planetremaja 7 Keajaiban Dunia Keajaiban Dunia Terbaru 2010


Jurang Ini Merupakan Satu Dari Tujuh Keajaiban Dunia Dan Sebagian Besar Berada Di Taman Nasional Grand Canyon Salah Satu Taman Nasional Pertama Di Amerika Serikat Presiden Theodore Roosevelt Merupakan Salah Satu Pendukung Utama Wilayah Grand Canyon Mengunjunginya Dalam Beberapa Kesempatan Untuk Berburu Singa Gunung Dan Menikmati Pemandangan Alam Yang Luar Biasa Jurang Ini Diciptakan Oleh Sungai Colorado Memotong Sebuah Selat Selama Jutaan Tahun Panjangnya Kirakira More Free Music 4Share Download >>

Related : Planetremaja 7 Keajaiban Dunia Keajaiban Dunia Terbaru 2010

Mp3 Download Lagu Gratis Lirik Lagu Indonesia Download Free Music


Ipang 4sharedcom Download Free Posted 06 Nov 2010 1231 AM PDT Ipang Free Download 960 New Files With Ipang Found At 4shared Start Downloading Ipang Now For Ipang Feat Ridho Slank Jadilah Juara Ost Kingtxt Tanpamu Pemandangan Tetap Indah Tapi Kok Kenapa Aku Merasa Bersalah Bersenangsenang Tapi Kamu Di Jakarta Bawaannya Malah Pengen Cepat Pulang Saja Sampai Rumah Siapin Es Teh Manis Telur Ceplok Kecap Jangan Lupa Sambelnya Juga More Free Music 4Share Download >>

Related : Mp3 Download Lagu Gratis Lirik Lagu Indonesia Download Free Music

Adab Istiadat Suku Sasak Sasak Tulen


Beberapa Rumah Tinggal Losmen Tersedia Akomodasi Dan Jasa Perjalanan Berbasis Di Taman Rinjani Information Centre Juga Bertanya Tentang Jalanjalan Lokal Desa Di Sembalun Lawang Walk Untuk Mengalami Keindahan Pemandangan Desa Dan More Free Music 4Share Download >>

Related : Adab Istiadat Suku Sasak Sasak Tulen

Kimagure Sakura Hanami Dan Sakuramichi


Jalur Masuk Utama Taman HamamatsuJo Hanami Hana Bunga Mi Melihat Adalah Acara Kumpulkumpul Sambil Gelar Tikar Bisa Juga Matras Terpal Atau Lainnya Sambil Menikmati Pemandangan Bunga Sakura Mekar Lagu Yang Mana Yah Kalau Yang Cuma Diiringi Piano Doank Itu Judulnya Konya Mo Hoshi Ni Dakarete Malam Ini Pun Dipeluk Bintang Penyanyinya Ayaka Mau Download Disini Httpwww4sharedcomfile97541479a7777179AyakaKonyamoHoshiniDakaretehtml More Free Music 4Share Download >>

Related : Kimagure Sakura Hanami Dan Sakuramichi

FIANZONER Taman Wisata Dunia Ada Di Indonesia


Taman Wisata Dunia Ada Di Indonesia Di Indonesia Kamu Bisa Menikmati Banyak Pemandangan Mulai Dari Gurun Pasir Sahara Bunga Sakura Padang Afrika Sampai Pemandangan Alam Khas Eropa Kamu Tidak Perlu Jauhjauh Ke Luar Negeri Untuk More Free Music 4Share Download >>

Related : FIANZONER Taman Wisata Dunia Ada Di Indonesia

10 Hotel Paling Unik Di Dunia FREAKNEWSDOWNLOAD


Dikelilingi Oleh Taman Nasional Teluk Fire Lodge Menawarkan Pemandangan Pantai Pasir Putih Dan Memiliki Banyak Hiking Trails Yang Alami Tapi Di Hotel Yang Indah Dan Lestari Ini Ada 15 Meter Panjang Indoor Outdoor Dapur More Free Music 4Share Download >>

Related : 10 Hotel Paling Unik Di Dunia FREAKNEWSDOWNLOAD